Ngabang (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kalimantan Barat  M. Zeet Hamdy Assovie mengajak semua komponen untuk menanam pohon guna membangun ekosistim hutan.

"Saya optimistis apabila gerakan penanaman satu milyar pohon sebagai upaya membangun ekosistim hutan, kita lakukan terus menerus dengan jenis pohon yang tepat maka kualitas lingkungan hidup akan meningkat  berdampak positif bagi kecukupan air bersih, ketahanan pangan dan ketahanan energi terbarukan,"ungkap M. Zeet Hamdy Assovie mewakili Gubernur Kalbar Cornelis pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2013 tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Landak, Senin.

Ia menegaskan kepada para pihak yang melakukan penanaman perlu berkonsultasi dengan penyuluh kehutanan untuk pemilihan jenis pohon yang tepat agar tidak berdampak kekeringan pada sumber mata air.

"Pemanasan global bukan merupakan fenomena alam semata, namun akibat aktivitas manusia yang tidak terkendali. Sehingga menyumbang emisi gas rumah kaca di atmosfer dan menyebabkan meningkatnya suhu bumi," urai M. Zeet.

Menurut dia, salah satu upaya yang diperlukan untuk minigasi dampak pemanasan global adalah aksi nyata menanam dan memelihara pohon secara masal yang dilakukan oleh setiap komponen.

"Jadi maksud diselenggarakan gerakan penanaman satu miltar pohon adalah, sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirianseluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon,"ungkap M. Zeet.

Pemerintah  mengajak seluruh komponen bangsa agar melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi hutan dan lahan.

"Tujuan penanaman satu milyar pohon adalah untuk menambah tutupan lahan danhutan guna mencegah longsor dan banjir di musim hujan, menyerap karbon diaksoda aki¡at dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industri pengelolaan kayu, pangan dan energi terbarukan," tandas M. Zeet.

Acara penanaman pohon tingkat provinsi Kalbar yang dipusatkan di kompolek pabrik karet PT.Multi Karet Sejahtera di Desa Tebedak Kecamatan Ngabang dihadiri jajaran pemerintah, organisasi wanita dan masyarakat yang ikut melakukan menanam pohon.

Pemerintah Provinsi juga menyerahkan bantuan bibit pohon kepada kelompok bibit rakyat (KBR) yang ada di Kabupaten Landak.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013