Sintang (Antara Kalbar) - Bupati Sintang Milton Crosby menargetkan beberapa proyek yang belum selesai pada tahun 2013, seperti pembangunan Stadion Baning Sintang dan gedung-gedung lainnya harus selesai di tahun 2014. Selain itu proyek yang sedang berjalan, seperti perbaikan beberapa ruas jalan yang rusak berat juga akan diselesaikan.

“Pada pertengahan tahun lalu setelah masuk musim kemarau, beberapa ruas jalan akan diperbaiki seperti jalan di Kecamatan Tempunak, Sepauk, Binjai dan Kelam,” ungkapnya.

Milton mengatakan sebagian besar proyek dari dana ABT akan menjadi proyek luncuran di tahun 2014. Proyek-proyek ini harus diluncurkan tahun 2014 karena waktu kerjanya tidak sampai 90 hari dan pelaksanaan proyek harus melalui tender. “Tendernya sudah tinggal pengerjaannya di tahun 2014,” katanya.

Ia mengungkapkan di tahun 2014, Pemkab Sintang juga akan mempercepat proses lelang. Namun percepatan proses lelang ini terkendala oleh harga satuan yang belum ada. Harga satuan belum bisa ditetapkan tahun ini karena tahun 2014 harga pasti akan naik.

“Saya sih maunya cepat tapi kalau menggunakan harga satuan tahun ini, mampukah kontraktor kerja dengan harga tahun 2013 sementara harga di tahun 2014 sudah naik,” katanya.

Perkiraan harga bakal naik di tahun 2014 karena tahun 2014 merupakan tahun politik yang mana akan banyak uang beredar. Milton menegaskan untuk mempercepat proses lelang, pihaknya tetap berpegang pada prosedur yang ada. “Saya akan lelang yang bisa cepat dilelang,” ujarnya.

Dijelaskan Milton, terkendalanya percepatan proses lelang disebabkan lamanya membuat perencanaan. “Tidak bisa lelang kalau belum membuat perencanaan,” jelasnya.

Lamanya membuat perencanaan karena tenaga perencanaan yang kurang. Tenaga perencanaan hanya ada di Dinas PU sementara harus mengurus proyek yang ada semua SKPD. “Kadang-kadang kami mau gunakan konsultan dari luar tapi tidak ada dana untuk membayar,” tuturnya.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013