Pontianak (Antara Kalbar) - Tim Penggerak PKK Kota Pontianak menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan peran serta PKK dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam menggerakkan kaum perempuan agar lebih aktif dan produktif.

"Sesuai dengan tema hari PKK tahun ini `Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 Kita Perkuat Ketahanan Keluarga Sebagai Wujud Persatuan dan Kesatuan Bangsa`, maka diharapkan kita mewujudkan ketahanan keluarga di tahun politik pemilu 2014 ini dengan tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa," kata Lismaryani Sutarmidji di Pontianak, Kamis.

Lismaryani yang membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK RI mengatakan, seperti biasanya setiap memperingati hari PKK, para kader PKK hendaknya bersama-sama introspeksi diri dan evaluasi diri terhadap perannya di masyarakat.

Ia menjelaskan, sebenarnya penjabaran 10 program pokok PKK juga mengandung hal seiring dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) baik di tingkat pusat maupun daerah, mengingat tim kerja PKK adalah juga tim kerjanya pemerintah yang senantiasa selalu bersinergi dalam melaksanakan berbagai program kegiatan.

"Dengan harapan tim penggerak PKK dapat berperan untuk memberi masukan dalam setiap kegiatan musrenbang di daerah kerjanya masing-masing," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Lismaryani menambahkan, terkait dengan pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung bulan April mendatang, secara organisatoris, PKK bersikap netral dan tidak berpihak kepada kepentingan politik manapun.

Namun, sesuai dengan pemaparan dari Ketua Umum PKK, secara personal, PKK tetap memperbolehkan anggotanya untuk berpolitik.

"Kita sebagai Tim Penggerak PKK tidak memihak kepada kepentingan politik mana pun karena kita adalah netral. Dan sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya jika PKK untuk ikut serta menyukseskan pelaksanaan pemilu tersebut," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014