London (Antara Kalbar) - Para pengembang game berlomba-lomba membuat tiruan Flappy Bird sejak pembuat game ini asal Vietnam, Dong Nguyen, mencabutnya dari toko aplikasi bulan lalu.

Data yang dikumpulkan Pocket Gamer menunjukkan setiap 24 menit sekali ada game ala Flappy Bird yang dimasukkan ke toko aplikasi milik Apple.

Menurut Pocket Gamer, game-game tiruan tersebut memiliki karakteristik yang sama dengan Flappy Bird, di mana para pemain harus mengetukkan jari ke layar telepon genggam agar burung tetap terbang dan bisa melewati berbagai rintangan, berupa pipa baik yang ada di atas tanah maupun yang tergantung di langit-langit.

Yang diganti hanya karakter utama. Di Flappy Bird, sesuai namanya, karakter utama adalah burung, sementara karakter game tiruan beraneka ragam, mulai dari ikan, kambing, ikan, Justin Bieber, Miley Cyrus, hingga Kanye West.

Bahkan ada pengembang yang memakai menteri besar Gujarat di India, Narendra Modi, sebagai karakter utama.


Ingin Tenang
Nguyen memutuskan untuk mencabut permainan Flappy Bird 12 hari setelah menjadi game paling populer di toko aplikasi.

"Game ini merusak kehidupan saya. Sekarang saya membencinya," kata Nguyen.

Ia juga mengatakan media terlalu melebih-lebihkan kesuksesan game yang ia buat.

"Saya tidak mengharapkan ini semua. Saya ingin hidup saya tenang," tambahnya.

Flappy Bird masih diburu meski sudah hilang dari toko aplikasi sampai ada pengguna situs lelang eBay yang berani menawar telepon genggam dengan aplikasi Flappy Bird di dalamnya seharga £50.000 atau Rp955 juta.


(bbc)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014