Pontianak (Antara Kalbar) - Sejumlah tokoh masyarakat pantai utara Kalimantan Barat mengharapkan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Dapil Kalbar nomor urut 24 Oesman Sapta, terpilih pada Pileg 2014 sehingga bisa mewakili masyarakat Kalbar di DPD RI.

Salah seorang tokoh masyarakat Mul`am Khusairi saat dihubungi di Sambas, Sabtu menyatakan, Oesman Sapta figur dari Kalbar yang mampu membuktikan apa yang diucapkan dalam perbuatan membangun Kalbar.

Mul`am Khusairi yakni tokoh masyarakat Kabupaten Sambas yang mempunyai hobi sebagai kolektor barang-barang antik seperti meriam karbit dari ukuran kecil dan sedang, senjata kuno, guci dan berbagai jenis piring kuno.

Menurut Mul`am, pernyataan Oesman tidak hanya sekadar janji, apa yang dibicarakannya sudah diperbuatnya dalam memajukan Kalbar.

"Ucapan Oesman yang membuat saya kagum, beliau mengatakan kalau ada yang mampu silakan dukung dan pilih. Pak Oesman satu-satunya orang yang berpengaruh di Kalbar dalam kancah nasional, bahkan beliau juga dikenal di tingkat internasional," ungkapnya.

Menurut dia, janji Oesman yang berkeinginan membangun pelabuhan CPO di Kalbar, yang selama ini belum digarap sama sekali. Masyarakat harus memberikan dukungan terhadap ide beliau.

Figur beliau (Oesman) sangat istimewa karena bisa merangkul caleg lain baik DPRD, DPR RI, DPD RI meskipun dari beberapa partai politik.

Harapan masyarakat Kabupaten Sambas mampu memperjuangkan dalam meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan segala bidang sesuai yang dijanjikan sewaktu kampanye.

Hal senada juga dikatakan oleh, Ketua DPRD Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. Pak Oesman Satpa memang cukup dikenal oleh semua kalangan masyarakat, baik di Kota Singkawang dan Kalbar.

"Komitmen beliau yang seandainya terpilih nanti akan memperjuangkan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan dan pembangunan bandara di Kota Singkawang," ujarnya.

Dia berharap, ketika terpilih nanti pak Oesman memenuhi apa yang dijanjikannya sewaktu melakukan kampanye sehingga tidak mengecewakan masyarakat.

"Mudah-mudahan seandainya beliau dipercaya masyarakat bisa membawa perubahan yang berarti bagi Kalbar," ujarnya.

Sementara itu, Oesman Sapta Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Dapil Kalbar nomor urut 24 Oesman Sapta menyatakan dirinya tidak melihat warna kulit, suku bangsa dan agama, bila mana ada putra, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang dan Kalbar umumnya yang mampu mewakili Kalbar di pusat itulah yang perlu didukung.

Dia menjelaskan, dirinya cukup prihatin dengan nasib para petani, nelayan dan para buruh karena kesejahteraan yang masih jauh dari harapan bersama.

"Kalau petani, nelayan, dan para buruh-buruh sudah makmur, dan apabila seorang pemimpin dan wakil rakyat prihatin atas nasib mereka baru bangsa ini bisa dikatakan maju," katanya.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau kepada masyarakat Kalbar untuk tidak salah memilih wakilnya, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi, DPR, dan DPD RI, yang berkualitas agar bisa memperjuangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat banyak.

"Jangan sekali-sekali membohongi rakyat, silakan caleg jual program dalam melakukan kampanye tetapi intinya untuk memperjuangkan masyarakat agar menjadi makmur," ujarnya.

Oesman dalam beberapa kali pertemuan menyatakan seandainya terpilih nanti, dirinya ingin mengubah cara berpikir masyarakat Kalbar yakni dengan lima S diantaranya strategi untuk mempersiapkan dan memperjuangkan rakyat Kalbar, kemudian S berikutnya struktur organisasi, skill wakil rakyat harus betul-betul punya kemampuan dalam memperjuangkan daerahnya, kemudian sistem harus jelas mau dibawa kemana Kalbar, serta speed target ke depannya," ujarnya.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014