Jakarta (Antara Kalbar) - Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah asuhan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj akan menggelar istighatsah kebangsaan, Senin (7/4), untuk mendoakan agar Pemilihan Umum 2014 berlangsung damai.

Istighatsah yang digelar di pesantren yang beralamat di Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, itu bakal dihadiri sejumlah petinggi partai politik peserta Pemilu 2014.

 "Sampai saat ini yang sudah konfirmasi hadir ada Pak Hatta Rajasa, Pak Akbar Tanjung, Pak MS Kaban, dan Prof Suhardi. Pak Muhaimin Iskandar dan Pak Djan Faridz meskipun belum konfirmasi, sepertinya mereka juga akan hadir," kata Muhammad Said Aqil, Ketua Yayasan Said Aqil Siroj yang menaungi Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah, di Jakarta, Minggu.

Menurut Muhammad, seluruh pimpinan partai politik diundang, dan ia berharap mereka akan hadir untuk berdoa bersama memohon agar pesta demokrasi bisa berlangsung lancar, aman, dan damai, dengan dilandasi semangat kejujuran serta keadilan.

Istighatsah juga akan dihadiri oleh sejumlah kiai dan habib dari sejumlah wilayah di DKI Jakarta.

Muhammad menegaskan tidak ada muatan politik di dalam istighatsah itu, semata-mata ditujukan demi terlaksananya Pemilu yang aman, damai, dan menghasilkan wakil rakyat yang amanah.

"Acara ini tidak untuk menunjukkan dukungan kami, dukungan Kiai Said, kepada salah satu partai politik. Kami berada di tengah, ingin merangkul semua partai politik untuk bersama-sama menciptakan Pemilu yang damai," kata Muhammad.

Terkait pemilihan waktu pelaksanaan yang bertepatan dengan masa tenang menjelang Pemilu, putra sulung KH Said Aqil Siroj itu menegaskan bahwa istighatsah bukan ajang kampanye, sehingga tidak menjadi masalah.

"Justru di masa tenang ini kami ingin mempersatukan kembali semua partai politik, mengarahkan kepentingan bangsa melalui Pemilu yang aman dan damai jauh lebih penting dari sekadar kepentingan politik individu partai," kata Muhammad.

Pewarta: Sigit Pinardi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014