Sekadau (Antara Kalbar) - Sejumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Sekadau menggelar Porseni khusus siswa sekolah-sekolah MI,  lantaran sekolah MI jarang dilibatkan dalam kejuaraan olahraga tingkat pelajar.

“Ini merupakan Porseni tingkat MI yang pertama kalinya digelar di Kabupaten Sekadau. Dan dana kegiatan digalang secara swadaya patungan,” ujar Syamsiar, Kepala MIN Sekadau Hilir (15/4).

Porseni MI yang dilangsungkan selama satu hari penuh itu dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Jalan Sekadau-Sanggau, KM 2 pada Sabtu (12/4). Sedikitnya ada 8 cabang yang dilombakan dalam Porseni tersebut. Masing-masing, tartil Qur’an (membaca al-qur’an), pidato, catur, bulutangkis, tenis meja, atheletik, sepak bola, volley putra-putri.

“Juara umum Porseni ini adalah MIN Sekadau Hilir. Juara dua umum MIS Amaliyah Rawak, dan ketiga diraih MIS Ar-Rahmah,” papar Syamsiar.

Peserta yang ikut berkompetisi berasal dari MIN Sekadau Hilir, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ar-Rahmah Yayasan Ar-Rahmah Sekadau Hilir. Kemudian dari MIS Miftahul Huda Engkersik, dan MIS Amaliyah Rawak.

“Selain untuk silaturrahmi, kegiatan ini juga untuk mengembangkan bakat-bakat para siswa kita dalam berolahraga. Selain itu, untuk menyemangati para siswa dalam mengasah keterampilannya,” ulas Syamsiar.

Hadiah dalam Porseni ini memang tidak terlalu besar, lantaran biaya pelaksaan kegiatan bersumber dari patungan para pengelola MIS. Pantia hanya menyiapkan hadiah berupa peralatan tulis menulis.

"Bagi para pemenang, kita berharap agar jangan berpuas diri. Keterampilan yang sudah dimiliki harus selalu diasah. Dan yang kalah bisa terus belajar. Tidak boleh berputus asa, dan kegiatan Porseni MI ini rencananya akan menjadi agenda tahunan," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014