Sintang (Antara Kalbar) - Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Sudirman, mengatakan, pihaknya akan segera mensosialisasikan rencana relokasi PKL di Jalan Katamso ke Pasar Sayur Masuka.

Dikatakannya, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang ingin segera memfungsikan Pasar Sayur Masuka sehingga setelah mensosialisasikan rencana relokasi pedagang Pasar Sayur Sungai Durian, Disperindagkop akan mensosialisasikan rencana relokasi PKL di Jalan Katamso.

“Awal Mei nanti kami akan melakukan pertemuan dengan seluruh PKL di Jalan Katamso,” katanya.

Ia mengatakan Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang telah mendata seluruh pedagang Pasar Sayur Sungai Durian. Semua pedagang Pasar Sayur Sungai Durian ini akan direlokasi ke Pasar Sayur Masuka bersama para PKL di Jalan Katamso. Sudirman menegaskan setelah direlokasi, tidak ada lagi aktivitas jual beli sayur di Pasar Sungai Durian.

Dia menyampaikan pihaknya juga akan menggelar pertemuan dengan para pedagang Pasar Tumpah. Dikatakannya, kemungkinan para pedagang Pasar Tumpah juga akan diberikan tempat di Pasar Sayur Masuka. “Tapi kami akan prioritaskan terlebih dahulu para pedagang Pasar Sayur Sungai Durian untuk menempati Pasar Sayur Masuka. Jika ada lapak yang tersisa bisa diberikan ke pedagang Pasar Tumpah,” ungkapnya.

Sudirman menegaskan para pedagang Pasar Sayur Sungai Durian yang sudah memindahtangankan lapak di Pasar Sayur Sungai Durian ke orang lain tidak akan mendapatkan lapak di Pasar Masuka. “Kami tidak akan memberikan lapak kepada pedagang yang sudah memindahtangankan lapaknya ke oranglain karena pedagang tersebut tidak ada niat untuk berjualan,” jelasnya.

Sementara itu, setelah para PKL di Jalan Katamso direlokasi ke Pasar Sayur Masuka maka bangunan PKL di Jalan Katamso akan dibongkar. “Kami berharap para pemiliknya yang membongkar sendiri bangunan mereka,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Sudirman, Disperindagkop berencana membangun water front di Jalan Katamso tersebut. “Rencana ini sebenarnya sudah lama namun belum terealisasi. Mudah-mudahan di tahun-tahun ke depan, Pemkab Sintang memiliki anggaran untuk membangun water-front di Jalan Katamso tersebut,” harapnya.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014