Ngabang (Antara Kalbar)  - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Landak tidak bisa memastikan ketersedian sembako akan aman hingga menjelang hari raya Idul Fitri 1435 H mendatang. Tapi untuk bulan Ramadhan  dijamin akan aman.

"Kami tidak bisa memastikan kalau stok sembako jelang lebaran nanti akan aman. Sebab perubahan ketersediaan stok sembako bisa saja terjadi setiap saat, tergantung permintaan," ujar Kepala Diskoperindag Landak, Marius Baneng di Ngabang, Senin (16/6).

Menurut dia, ketersediaan stok sembako menjelang bulan suci Ramadhan ini, ia berani memastikan tidak akan ada masalah. "Ketersediaan stok sembako sampai saat ini masih normal, tidak ada kekurangan. Ketersediaan stok sembako yang normal inipun akan bertahan hingga jelang bulan puasa nanti," katanya. Ia menambahkan, untuk pengawasan pasar tetap dilakukan secara internal di Diskoperindag Landak.

"Kami melakukan pengawasan di pasar yang cukup besar seperti di Ngabang ini. Apalagi pengawasan secara khusus yang melibatkan berbagai instansi terkait, kita tidak punya pendanaan. Jadi pengawasan hanya kita lakukan secara internal saja," jelas Marius.

Sedangkan untuk harga sembako di pasar Kota Ngabang, Marius mengatakan kondisinya masih normal saja. "Kalaupun ada kenaikan harga sembako, bisa saja dipengaruhi biaya angkutan dan sebagainya," kata Marius.

Marius juga mengingatkan kepada para pedagang supaya tidak melakukan penimbunan menjelang puasa dan lebaran nanti.

 "Jika ada yang menimbun, jelas akan kita berikan teguran secara keras melalui surat. Sedangkan tindakan hukum jelas ada dikepolisian. Demikian juga dengan sidak pasar mungkin akan kita lakukan jelang lebaran nanti," tegas Marius.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014