Pontianak (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu, menggelar simulasi pemungutan suara di tempat pemungutan suara Pemilihan Presiden 2014.

"Simulasi ini kami lakukan untuk melihat kesiapan petugas KPPS dalam proses pemungutan hingga penghitungan surat suara secara benar pada Pilpres mendatang," kata Ketua KPU Kota Pontianak Sujadi.

Ia menjelaskan dengan simulasi tersebut bisa diketahui kesiapan petugas KPPS dan bisa menjaga surat suara mulai dari TPS, tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat KPU Kota Pontianak.

Sujadi menambahkan saat ini pihaknya sudah melakukan proses pelipatan surat suara untuk Pilpres yang dimulai sejak, Kamis (19/6).

KPU Kota Pontianak telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) kota itu untuk Pemilu Presiden 2014 sebanyak 416.733 pemilih atau bertambah sebanyak 3.661 pemilih dari DPT Pileg di kota itu 413.072 pemilih.

Sujadi menjelaskan, dari DPT sebanyak 416.733 pemilih itu, terdiri dari pemilih laki-laki 207.146 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 209.587 orang.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kota Pontianak menambahkan ada pengurangan jumlah tempat pemungutan suara untuk Pilpres 2014, yakni sebanyak 103 TPS dari sebelumnya sebanyak 1.370 TPS.

"Sehingga kini tinggal sebanyak 1.267 TPS yang tersebar di enam kecamatan dan 29 kelurahan," katanya.

Sujadi menyatakan pengurangan tersebut dikarenakan adanya instruksi dari KPU pusat untuk menggabungkan TPS yang pemilihnya tidak signifikan, sekaligus sebagai cara dalam melakukan upaya efisiensi anggaran.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014