Sintang (Antara Kalbar) - Sebuah jembatan di Desa Kelam Sejahtera Kecamatan Kelam Permai rusak parah, terutama pada badan jembatan dan terdapat sebuah lubang besar pada badan jembatan tersebut. Padahal jembatan ini merupakan akses antar desa yaitu antara Desa Kelam Sejahtera dengan Merpak.

Kades Kelam Sejahtera, Hermanus Tuguk menyampaikan selain sebagai penghubung antar desa, jembatan tersebut juga sebagai penghubung tempat objek wisata rohani. “Kalau jembatan ini terputus maka akses warga di desa sekitar juga terputus,” ungkapnya.

Dia mengatakan jembatan kayu yang berada di Desa Kelam Sejahtera tersebut memiliki panjang 14 meter dengan lebar 4 meter. Pihaknya sudah menyampaikan ke perusahaan agar kendaraan perusahaan tidak melewati jembatan yang nyaris ambruk tersebut. “Beberapa kendaraan sempat kami stop agar tidak melewati jembatan tersebut,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah menyampaikan kerusakan jembatan tersebut ke Dinas PU dan perusahaan. Dia berharap Pemkab Sintang melalui Dinas PU segera memperbaiki jembatan ini. “Jalan tersebut merupakan jalan kabupaten. Kami sudah sampaikan kerusakan jembatan tersebut ke Pemkab Sintang,” katanya.

Dia juga mengatakan selain menyampaikan ke Dinas PU, pihaknya juga berharap perusahan bisa membantu memperbaiki kerusakan jembatan tersebut apalagi jembatan tersebut biasa dilalui oleh kendaraan milik perusahan. “Kami ingin perusahaan turut peduli dengan kerusakan jalan tersebut,” ungkapnya.

Tuguk mendesak Pemkab Sintang segera memperbaiki kerusakan jembatan di desanya sebab fungsi jembatan tersebut sangat penting sebagai akses bagi masyarakat setempat. “Saya sangat berharap baik Pemkab Sintang atau perusahaan agar tanggap ketika melihat kondisi tersebut,” harapnya.

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014