Jakarta (Antara Kalbar) - Presiden terpilih RI Joko Widodo  mengatakan telah menerima ucapan selamat dari beberapa pemimpin negara di dunia.

"Ucapan selamat itu sudah saya terima sejak tadi malam. Ucapan pertama berasal dari Pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah itu, Pak Wakil Presiden Boediono," kata Jokowi saat aktif kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Selain Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, dia mengatakan ucapan-ucapan lain juga datang dari sejumlah kepala negara, di antaranya Singapura, Australia dan Amerika Serikat (AS).

"Pagi ini, Perdana Menteri (PM) Singapura juga menelepon saya untuk mengucapkan selamat, kemudian PM Australia juga sudah mengucapkan. Lalu, sekitar pukul 11.00 WIB, Presiden AS Barack Obama juga menelepon saya," ujar Jokowi.

Presiden terpilih itu menuturkan tidak ada hal lain yang dibicarakan dalam sambungan telepon dengan para pemimpin negara tersebut, kecuali terkait ucapan selamat.

"Intinya, para pemimpin negara itu hanya mengucapkan selamat dan berpesan agar kita bisa memperkuat kerja sama dengan mereka di segala bidang," tutur Jokowi.

Pada Selasa (22/7) Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi pemungutan suara dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 yang diselenggarakan di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri.

Hasil rekapitulasi tersebut menetapkan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2014 dengan total suara 53,15 persen, mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang hanya mengumpulkan 46,85 persen suara.

(R027/N. Yuliastuti)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014