Ngabang (Antara Kalbar) - Menyambut hari kemenangan umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, umat Muslim di Ngabang akan menggelar pawai takbir Idul Fitri yang dikoordiniri Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Landak.

"Pawai takbiran Insya Allah akan kita gelar Minggu malam dengan melibatkan utusan jemaah masjid yang ada di kota Ngabang. Kumpul untuk star dari halaman masjid Jami' Keraton Landak," kata Ketua PHBI Landak Jainan Darsah dihubungi, Jumat (25/7).

Ia mengatakan, pawai takbir Idul Fitri menggunakan kendaraan roda empat yang akan dikawal petugas kepolisian. Para jemaah masjid di Ngabang agar ikut menyemarakan malam takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Pawai takbir kita harapkan akan dibuka Bupati atau yang mewakili dari pemerintah kabupaten Landak. Pawai takbir Idul Fitri ini tidak ada penilaian. Kalau waktu pawai takbir Idul Adha tahun lalu kita lombakan," kata Jainan.

Jainan menambahkan, untuk pelaksanaan solat Idul Fitri pada Senin pagi dilaksanakan di masjid masing-masing. Namun, jika ada organisasi Islam yang menggelar di halaman terbuka dipersilahkan.

"Berkenanaan pawai takbir kita tetap menunggu keputusan pemerintah tentang kapan penetapan Idul Fitri sehingga kita menyesuaikan," tukas Jainan.

Sementara itu, Kapolres Landak AKBP Frans Tjahyono mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat lintas sektoral seiring dalam operasi Ketupat Kapuas 2014.

"Kita sudah lihat pada saat Idul Adha tahun lalu juga digelar pawai dan lomba takbir berjalan dengan aman dan lancar. Jadi untuk Idul Fiyri,  silahkan saja gelar pawai takbir," kata Frans.

Ia menegaskan, jajaran personelnya sudah siap melakukan pengawalan dan pengamanan khususnya arus lalu lintas.

"Tidak menjadi masalah. Tapi tertib adminisrasi, panitia agar mengajukan surat ke Polres untuk pengamanan," ujar Frans.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014