Sambas (Antara Kalbar) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat mengimbau kepada para pemudik Lebaran 2014, terutama yang menggunakan kendaraan roda dua agar lebih mengutamakan keselamatan di jalan, dengan tidak membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi.

"Membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi dan sedang, biasanya tiba di tempat tujuan tidak begitu jauh perbedaannya," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar (Pol) Mukson Munandar saat dihubungi di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan membawa kendaraan apapun jenisnya kalau dengan kecepatan tinggi, maka pengemudinya akan lebih cepat capek dan beresiko tinggi. Tetapi kalau membawa kendaraan dengan kecepatan sedang, maka tidak begitu capek dan keselamatan lebih terjaga.

"Pemudik tinggal memilih yang mana, mau sampai di tempat tujuan dengan nyaman dan aman atau malah sebaliknya yang sangat beresiko," ujar Mukson.

Data Polda Kalbar mencatat sebanyak 267 orang meninggal karena kecelakaan lalu lintas dari Januari hingga Juni 2014, dari sebanyak 771 kasus, dan kerugian material sebesar Rp2,4 miliar.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014