Sungai Raya, Kalbar, 20/8 (Antara) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya menyatakan pihaknya masih terus memberikan bantuan kepada para petani, khususnya dalam pengadaan pupuk dan obat-obatan untuk tanaman.

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya terus memperhatikan peningkatan produktivitas beras di Kubu Raya, karena hingga sekarang kita terus memberikan sejumlah bantuan bagi para petani di Kubu Raya," kata Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Hasrul di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, setiap bantuan yang diberikan bagi para petani disesuaikan dengan kebutuhan petani daerah setempat, seperti bantuan obat-obatan pembasmi hama, pupuk dan sejumlah bantuan lainnya.

"Misalnya dalam perjalanannya bantuan yang diberikan belum memenuhi kebutuhan para petani, maka kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Porvinsi untuk mencukupi kebutuhan atau keperluan petani lokal," tuturnya.

Selain mengimbau para pegawai negeri sipil untuk mengkonsumsi beras lokal guna meningkatkan produktivitas petani, Dinas Pertanian juga makin gencar melakukan promosi beras lokal dengan tujuan ke depan bisa terus berkontribusi meningkatkan produktivitas pertanian.

"Intinya kita tetap menyarankan masyarakat terutama pegawai di jajaran dinas pemerintah Kubu Raya agar bisa terus mengkonsumsi beras lokal, karena kualitasnya jauh lebih baik dibanding beras yang dijual dipasaran. karena lazimnya beras yang langsung dibeli dari petani tanpa bahan pengawet ata zat kimia," katanya.

Sebelumnya Ketua Koperasi Langsat Mas yang memproduksi dan memasarkan beras lokal Kubu Raya, Zainudin mengatakan produksi beras lokal Kubu Raya dengan merek Mekar Wangi, Langsat Mas, Anggrek Macan dan sejumlah jenis beras lokal lainya sebelumnya mencapai 14 ton per bulan. Nmun saat ini jumlah produksinya dalam sebulan hanya sekitar tujuh ton.

"Tidak hanya jumlah produksi yang berkurang, saat ini pihak yang menjadi pelanggan dari beras lokal Kubu Raya juga turut berkurang. Syukurnya masih ada beberapa SKPD yang menjadi pelanggan beras lokal Kubu Raya seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian yang memesan beras lokal itu melalui koperasi pegawai Kubu Raya," kata Zainudin.***2***

(KR-RSO)

(U.KR-RDO/C/Z004/Z004) 20-08-2014 18:23:43

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014