Pontianak (Antara Kalbar) - Calon yang akan maju pada pemilihan Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak mulai muncul, antara lain dari Pembantu Rektor I Abubakar Alwi yang menyatakan siap memimpin perguruan tinggi negeri terbesar di Kalimantan Barat itu.

"Saya siap untuk itu," kata Abubakar Alwi saat dihubungi di Pontianak, Senin.

Menurut dosen di Fakultas Teknik Untan itu, banyak persoalan yang menggugah hatinya, sementara Untan menjadi pengharapan besar masyarakat terhadap pembangunan sumber daya manusia di Kalbar.

Untuk itu, lanjut dia, sumber daya manusia Untan perlu disempurnakan serta diperbaiki pengelolaannya.

Abubakar Alwi telah menyiapkan sejumlah program kalau terpilih sebagai rektor.

Dukungan terhadap Abubakar Alwi datang dari kalangan internal maupun eksternal Untan. Misalnya sejumlah dosen dari berbagai fakultas seperti FKIP, Fisipol, Teknik, Majelis Adat Dayak, serta Ikatan Alumni Fakultas Teknik (IAFT) Untan.

Pernyataan Abubakar Alwi siap maju di bursa pemilihan Rektor Untan juga telah disampaikan pada pertemuan di Hotel Randayan, Jumat (29/8) malam.

Pemilihan Rektor Untan periode 2015-2019 diwarnai sejumlah isu seperti pengelolaan dana penelitian yang tidak transparan, pernyataan Rektor Untan saat ini Thamrin Usman bahwa ia hanya ingin satu periode, serta peningkatan kualitas Untan.

Abubakar Alwi menghargai keinginan Thamrin Usman kembali maju untuk dua periode. "Yang penting bagaimana menjaga pemilihan rektor berlangsung sejuk, serta tidak menciderai satu sama lain," kata dia.


Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014