Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat menaikkan nilai beasiswa hingga dua kali lipat bagi 40 mahasiswa Universitas Tanjungpura yang berprestasi. .

"Sejak tahun 2006, program ini sudah berjalan," kata Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalbar Hilman Tisnawan saat penyambutan mahasiswa baru Tahun 2014 Fakultas Ekonomi Untan di Pontianak, Selasa.

Menurut Hilman Tisnawan, tujuan pemberian beasiswa itu untuk mendorong mahasiswa dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik.

Sebelumnya, mahasiswa yang lolos seleksi mendapat beasiswa dengan nilai Rp250 ribu. Namun kini mereka mendapat Rp500 ribu.

Saat ini, proses seleksi akan memasuki tahap wawancara. Dari 67 nama yang tersisa, nantinya akan dipilah 40 mahasiswa yang dinilai paling tepat mendapat beasiswa tersebut.

Bagi mereka yang lolos secara otomatis bergabung dalam komunitas GenBI yang sifat keanggotaannya seumur hidup.

Mahasiswa yang berhak ikut seleksi diantaranya sudah memenuhi minimal 60 SKS.

Rektor Untan Thamrin Usman menyambut baik kegiatan bagi mahasiswa baru tersebut. "Masa kekerasan sudah kuno, di perguruan tinggi lain sudah lama meninggalkan yang tidak perlu," kata dia.

Menurut dia, pengalaman di Bank Indonesia dapat dibagikan ke mahasiswa yang nantinya akan bergelut di bidang yang sama.

Pada kesempatan itu juga ditandatangani nota kesepahaman antara Bank Indonesia Perwakilan Kalbar dan Untan terkait beasiswa tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu sedikitnya 600an mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi Untan serta Dekan, dan dosen di lingkungan fakultas.

***

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014