Pontianak (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkayang telah menyiapkan rancangan tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2015 yang akan dimulai pada Desember mendatang.

"Tahapan sama seperti lima tahun lalu, untuk pemungutan suara kami perkirakan antara tanggal 19 Mei atau 20 Mei," kata komisioner KPU Kabupaten Bengkayang Tarmizi saat dihubungi di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa masa jabatan Bupati - Wakil Bupati Bengkayang periode 2010 - 2015 akan berakhir pada 10 Agustus 2015.

Menurut Tarmizi, pada Desember 2014 tahapan persiapan dimulai secara internal dengan membentuk badan penyelenggara.

Kemudian, pada Januari 2015, diperkirakan akan mulai memasuki tahapan pendaftaran, kata dia.

"Karena pendaftaran 120 hari sebelum pelaksanaan," ujar dia.

Sementara untuk kampanye berupa rapat umum, katanya, akan berlangsung selama 21 hari.

Sementara untuk penetapan pasangan calon dijadwalkan pada akhir Februari. Namun ia menegaskan bahwa jadwal tersebut masih berupa draf yang kemungkinan akan ada penyesuaian.

"Misalnya UU Pemilu Kepala Daerah disyahkan, maka nanti akan ada peraturan KPU untuk mendukung pelaksanaan teknis kegiatan," kata Tarmizi.

Ia melanjutkan bahwa yang pasti kalau ada perubahan-perubahan pihaknya telah siap melakukan berbagai langkah antisipasi.

Sebanyak enam daerah di Kalbar pada tahun depan akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Yakni Bengkayang, Melawi, Kapuas Hulu, Sintang, Sekadau dan Ketapang.

Rencananya, pelaksanaan akan digelar serentak seperti pada tahun 2010.

***1***

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014