Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Brigjen (Pol) Arief Sulistianto menyatakan mutasi jabatan Wakapolda dari Kombes (Pol) Hasanuddin kepada Kombes (Pol) Joko Iryanto murni penyegaran di tubuh Polri.

"Mutasi ini, jangan diartikan sebagai adanya isu tak sedap saat ini, tetapi agenda rutin karena surat perintahnya sudah keluar jauh hari sebelumnya, sehingga murni demi meniti karier," kata Arief Sulistianto seusai memimpin acara serah terima jabatan wakapolda Kalbar dari pejabat lama ke pejabat baru di Pontianak, Sabtu.
   
Sebelumnya, dua anggota Polda Kalbar, ditahan Polis Diraja Malaysia (PDRM) di Kuching, Jumat (29/8) karena terlibat jaringan sindikat narkoba internasional. Satu di antaranya perwira menengah dengan pangkat AKBP yang pernah bertugas sebagai Kasubdit III Ditres Narkoba bernama Idha Endri Prastiono, sedangkan satu lagi Bripka MH Harahap, anggota Polsek Entikong.
   
Arief menjelaskan mutasi itu dilakukan guna memberikan pengalaman bagi setiap pejabat atau perwira Polda Kalbar yang akan meniti karier lebih tinggi lagi.
   
"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pejabat sebelumnya, yang telah banyak membantu saya dalam menjalankan tugas di Polda Kalbar," ujarnya.
   
Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar berharap kepada pejabat baru dan seluruh personil Polda Kalbar agar tidak melakukan praktik KKN, sehingga apa yang dikerjakannya bermanfaat bagi masyarakat Kalbar," ujarnya.
   
Wakapolda Kalbar Kombes (Pol) Joko Iryanto sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Banten. Kemudian Kombes (Pol) Hasanuddin melanjutkan tugasnya di Mabes Polri.
   
Selain sertijab wakapolda Kalbar, ditempat yang sama juga dilaksanakan sertijab Irwasda Polda Kalbar dari pejabat sebelumnya Kombes (Pol) Hadi Sutoyo kepada Kombes (Pol) Didik Haryono yang sebelumnya menjabat sebagai Itwasum Mabes Polri, Hadi Sutoyo kemudian menjabat sebagai Irwasda Polda Jabar.
   
Didik Haryono pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Kalbar tahun 2004 selama setahun, kemudian menjabat sebagai Kapolres Kapuas Hulu.
   
Sabtu pagi, Kapolda Kalbar juga telah memimpin sertijab Kapolresta Pontianak dari Kombes (Pol) Harianta yang kini Direktur Intel Polda Sumbar. Posisi Kapolresta Pontianak dijabat oleh Kombes (Pol) Raden Heru Prakoso yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sumut.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014