Pontianak (Antara Kalbar) - Bursa Kesempatan Kerja atau "Job Fair" 2014 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menyediakan sebanyak 3.244 lowongan pekerjaan, kata Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pontianak Arfan.

"Job Fair 2014 yang kami selenggarakan pada 9-10 September ini guna menyediakan informasi lowongan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi tingkat pengangguran di Kota Pontianak," kata Arfan di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan Job Fair itu diikuti oleh sebanyak 43 perusahaan yang berdomisili di Kota Pontianak yang bergerak di bidang perindustrian, perdagangan, jasa, dan kontruksi.

"Job Fair merupakan kegiatan tahunan kami dalam menyediakan berbagai informasi lowongan tenaga kerja," kata Arfan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan kegiatan ini sebagai sarana dalam mengatasi masalah pengangguran di Kota Pontianak sehingga dijadikan agenda tahunan.

"Kami berharap Job Fair ini sebagai sarana untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan yang menyediakan tenaga kerja," katanya.

Edi menambahkan saat ini sekitar 600 ribu jiwa penduduk Kota Pontianak dengan tingkat pengangguran sekitar 260 ribu atau 22 persen, dari data BPS Kota Pontianak tahun 2013.

"Pemkot Pontianak saat ini terus berupaya menekan tingkat pengangguran, dengan mengembangkan kota pelayanan dan jasa, yang kini banyak berkembang, seperti perhotelan dan properti," ujarnya.

Sehingga, dia berharap kedepan Dinsosnaker Kota Pontianak agar lebih aktif dalam menghimpun data-data perusahaan yang bergerak dibidang apa saja sehingga terpantau, baik tingkat tenaga kerja yang ada dan yang diperlukan sehingga mampu menampung atau menekan angka kerja di Pontianak.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014