Singkawang (Antara Kalbar) – Kepolisian Resort Kota Singkawang menyiapkan 342 personil untuk mengamankan pelantikan anggota DPRD setempat periode 2014 - 2019.
"Untuk pengamanannya, kita akan mengerahkan sebanyak 342 personil dan dibantu oleh kesatuan Brimob sebanyak 80 personil," kata Kapolres Singkawang, AKBP A Widihandoko.
Sesuai jadwal, pelantikan sebanyak 30 anggota DPRD Kota Singkawang itu pada tanggal 16 September.
Ia melanjutkan, inti dari pengamanan itu akan difokuskan di Gedung DPRD dan sekitarnya yang dibagi menjadi tiga ring. Untuk ring 1, jelas dia, pengamanan akan difokuskan di dalam Gedung DPRD, dan dikendalikan Kapolsek Singkawang Barat. Untuk ring 2, pengamanan akan difokuskan di sekitar areal Gedung DPRD, dan dikendalikan Kasat Sabhara. Sedangkan untuk ring 3, pengamanan akan difokuskan diluar Gedung DPRD dan dikendalikan Kasat Lantas Polres Singkawang.
Tujuannya adalah untuk menjamin keamanan dan ketertiban arus lalu lintas di luar gedung. "Serta menjamin kelancaran suatu pergerakan, apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan di saat jalannya sidang pelantikan," kata dia.
Terkait dengan pengamanan ini, Kapolres berharap, jangan sampai ada caleg ataupun para undangan yang beranggapan jika yang dilakukan kepolisian itu terlalu berlebihan.
"Sebelum pelantikan dimulai, pihak kepolisian tentunya akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kendaraan yang masuk dari areal parkir, dan para undangan yang akan memasuki Gedung DPRD juga akan diperiksa dengan menggunakan alat metal detektor. Yang jelas, kita pastikan semua undangan yang masuk dalam keadaan steril," katanya menegaskan.

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014