Sungai Raya (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, dari daerah pemilihan kecamatan Sungai Kakap, Usman mengatakan Kabupaten Kubu Raya memiliki potensi untuk menghasilkan kelapa terbesar yang sampai saat ini belum dioptimalkan dengan baik.

"Yang saya ketahui, tiga kecamatan yang ada di Kubu Raya yaitu Kecamatan Sungai Kakap, Teluk Pakedai dan Batu Ampar memiliki potensi tersebut karena di tiga kecamatan itu selama ini terdapat banyak sekali pohon kelapa dan menjadi salah satu daerah penghasil kopra dan kelapa untuk kota Pontianak," kata Usman di Sungai Raya, Jumat.

Dia mengatakan, sebenarnya Kubu Raya dapat menjadi penghasil kelapa terbesar, karena tiga kecamatan yang ada di Kubu Raya memiliki potensi tersebut dan perlu dikembangkan.

Usman menuturkan jika masyarakat di tiga kecamatan tersebut masih melakukan penggarapan terhadap potensi tersebut masih sangat tradisional. Baik dari segi pemeliharaan, pemetikan buah dan pengolahan yang masih dilakukan secara konvensional.

"Dengan dilakukan seluruh pengolahan secara tradisional maka kualitas mutu dari buah tersebut menjadi rendah. Sehingga dihargai dengan harga yang rendah pula oleh pembeli," tuturnya.

Menurutnya, sampai saat ini, para petani masih banyak yang belum mengetahui cara untuk melakukan pengolahan selain dari cara pengolahan tradisional.

Dia menyayangkan baik dari pemerintah provinsi dan kabupaten belum ada pemberdayaan terhadap petani kelapa sehingga terkesan termarginalkan.

Untuk itu dia meminta ke depan, pemkab Kubu Raya dapat membuat program peremajaan, membantu membuat pintu air, normalisasi dan manajemen bagaimana membuat kopra yang baik.

"Khususnya di dinas belum ada program unggulan untuk perbaiki nasib petani kelapa, sehingga petani termotivasi apabila ada harga yang menjanjikan, karena jika harga jatuh maka kebun dibiarkan bahkan ada yang dialihfungsikan," kata Usman. *

(KR-RDO/B012)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014