Singkawang (Antara Kalbar) - Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Singkawang, Iwan Munandar, berharap kepada 30 anggota legislatif yang sudah dilantik kemarin, bisa memenuhi harapan mereka selama ini, yakni berkaitan dengan Perda khusus untuk penyandang disabilitas.

Menurut dia, anggota legislatif yang terpilih itu tidak hanya dipilih oleh orang-orang yang normal secara fisik saja namun juga bagi memiliki keterbatasan.

"Sebelumnya saya sudah pernah menyampaikan hal ini kepada Ketua DPRD. Bahwa di tingkat provinsi saja Perda ini bisa terbentuk, kami berharap hal yang sama bisa di bentuk untuk di Singkawang," harap dia.

Iwan sangat berharap apa yang dilakukan DPRD Provinsi bisa dilakukan DPRD Singkawang.

"Karena kehidupan kami di seluruh Indonesia juga sama. Sehingga bagaimana bisa diaplikasikan di Singkawang," tambah dia.

Dengan adanya Perda itu, ujar Iwan, tentunya bisa memberikan perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas. Di samping itu, Iwan menganggap jika hak-hak mereka akan terpenuhi jika memang Perda itu terealisasikan.

"Meski tidak semuanya, tapi dengan adanya Perda itu, hak-hak bisa terpenuhi," jelas dia.

Dikatakan dia, bahwa salah satu pemenuhan hak dalam Perda itu, berkaitan dengan pendidikan.

"Ketika perhatian untuk penyandang disabilitas di bidang pendidikan terpenuhi, maka mereka bisa saja menjadi pintar. Jika pintar, mereka bisa bekerja, sehingga tidak merepotkan orang lain. Makanya kami mengadukan ini ke dewan, kemana lagi kalau bukan ke sana," terang Iwan.

Demi terbentuknya Perda yang dimaksud, Iwan berjanji, jika pihaknya juga akan berupaya menyuarakan harapan itu.

Hanya saja dia berharap, ada dari para wakil rakyat yang memang mendengar suara-suara dari penyandang disabilitas yang betul-betul butuh diperjuangkan.

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014