Sekadau ( Antara Kalbar ) - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan akan menggelar operasi katarak gratis pada 30 September sebagai kegiatan rutin tahun pemerintah setempat.

"Khusus tahun ini, kami menargetkan mengoperasi sebanyak 100 penderita katarak," kata Kepala Dinas Kesehatan Sekadau, dr Wirdan Mahzumi di Sekadau.

Saat ini, ia mengatakan, Dinas Kesehatan Sekadau sedang mematangkan kesiapan pelaksanaan operasi katarak gratis tersebut.

Sejumlah spanduk yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk mengikuti operasi tersebut tampak terpasang di beberapa titik-titik strategis, salah satunya di kawasan RSUD Sekadau.

Menurut Wirdan, operasi katarak gratis itu merupakan kerja sama Dinas Kesehatan Sekadau, Dinas Kesehatan Kalbar dan RS Mata Cicendo, Jawa Barat. Semua dokter untuk operasi berasal dari Ikatan Dokter Mata Indonesia.

Sesuai rencana operasi katarak itu akan didahuli dengan tindakan pemeriksaan mata atau screening test yang rencananya akan dilakukan 29 September 2014.

"Sementara untuk operasinya akan dilaksanakan pada 30 September di ruang bedah RSUD Sekadau. Bagi masyarakat yang berminta bisa langsung datang ke RSUD Sekadau. Gratis tanpa dipungut biaya," pungkasnya.

(Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014