Sambas (Antara Kalbar) -  Para relawan Sekolah Guru Indonesia (SGI) Dompet Dhuafa angkatan VI melaksanakan program pemberdayaan masyarakat berbasis pendidikan (PPMBS) dengan mendirikan taman pendidikan Al Quran Al-Muhajirin di Mentibar, Kabupaten Sambas.

"Terimakasih sebesarnya atas dukungan dari perangkat desa Gapura serta  bimbingan rekan Guru SGI, atas terbentuknya TPA Al-Muhajirin ini," ungkap ketua pengelola TPA Al-Muhajirin, Safarudin.

Senada dengan Ketua TPA, Bapak Sarmili Kepala Kampung Desa Gapura, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ilmu tanpa agama akan pincang dan agama tanpa ilmu akan buta, diharapkan setelah adanya TPA ini anak-anak rajin mengaji dan menjadi generasi yang cerah dan tercerahkan.

Acara peluncuran sekaligus peresmian TPA Al Mujahirin  yang dipandu oleh Wilda tersebut dihadiri oleh para perangkat desa, pengurus TPA, santriwan/wati serta relawan SGI, Kamis, dimulai pukul 15.30 WIB, hingga menjelang magrib.

Acara dimulai dengan sambutan, dilanjut penyerahan simbolis Al Quran, kemudian perkenalan ustadz/ah kepada para santri, diskusi bersama serta doa penutup yang dipimpin Bapak H Maas selaku pemuka agama.

PPMBS adalah program pemberdayaan masyarakat yang wajib dilaksanakan para relawan guru dari SGI untuk berusaha memberdayakan masyarakat dari yang kurang berdaya menjadi berdaya agar dapat  meningkatkan jiwa kepemimpinan relawan guru serta kepekaan sosial mereka dalam bermasyarakat.

PPMBS yang dilaksanakan SGI Sambas ialah pemberdayaan TPA, posisi SGI sebagai fasilitator sehingga untuk pelaksanaan teknik lebih di laksanakan oleh masyarakat agar keberlangsungan program ini dapat terus berlanjut.

"Diharapkan melalui pemberdayaan TPA bersama masyarakat, dapat mewujudkan generasi Qur’ani menuju masyarakat Madani," Kata Koordinator SGI Sambas, Irfan Dwi Jayanto.

Setelah  peluncuran sebagai penanda berdirinya TPA Al-Muhjirin, selanjutnya TPA tersebut akan dilaksanakan 3x seminggu dengan program-program yang telah dibuat yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tetap mengacu pada kurikulum BPRMI.

Relawan SGi memberikan doorprize kepada santriwan/wati sebagai pematik motivasi untuk selalu datang mengaji.

(relawan SGI Sambas/N005)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014