Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Singkawang Muslimin mengatakan, banyak lowongan tenaga kerja yang diperlukan tempat usaha yang ada di kota tersebut

"Ada tiga perusahaan yang membuka usaha dan memerlukan tenaga kerja. Diharapkan ini mampu menyerap warga masyarakat umum serta pelamar CPNS tahun ini yang belum beruntung," kata Muslimin.

Menurutnya, ketiga tempat usaha tersebut adalah Matahari Singkawang Grand Mall, Alfamart serta Indomart.

"Tahun ini ada tiga usaha yang memerlukan sekitar 448 tenaga kerja, mulai dari lulusan S1 hingga SMP," katanya.

Dijelaskan Muslimin, untuk Matahari Singkawang Grand Mall, masih memerlukan tenaga kerja baik laki-laki dan perempuan sekitar 200 orang. Dengan syarat usia maksimal 24 tahun, belum menikah, lulusan SLTA dan tidak sedang kuliah.

"Lamaran pendaftar bisa melewati Dinsosnakertrans," kata Muslimin.

Perusahan selanjutnya adalah Alfamart. Pada 2014, nama perusahaan tersebut telah membuka usahanya di Kota Singkawang. Dan sekarang sedang memerlukan tenaga kerja sebanyak 168 orang.

Rinciannya, untuk tenaga kerja lulusan D3 - S1 memerlukan sebanyak 48 orang khusus laki-laki dengan usia maksimal 28 tahun dan belum menikah.

Kemudian lulusan SMA, dengan jumlah 72 orang laki-laki dan 48 perempuan dengan ketentuan usia maksimal 24 tahun dan belum menikah.

"Kalau untuk Alfamart, Dinsosnakertrans sebagai fasilitator, sehingga lamaran bisa langsung diantar di Alfamart kelurahan Roban," katanya.

Pada tahun ini juga, lanjutnya, Kota Singkawang akan dibangun minimarket Indomart di beberapa titik. Sehingga tenaga kerja sudah mulai direkrut. Usaha ini memerlukan tenaga kerja sebanyak 80 orang.

Jumlah tersebut, adalah untuk lulusan SMA baik laki-laki dan perempuan, usia maksimal 24 tahun dan belum menikah. Di dalamnya termasuk untuk lowongan sopir, dengan ketentuan lulusan SMP dan memiliki SIM A dan SIM B.

"Untuk pelamar di Indomart, lamarannya bisa melewati Dinsosnakertrans," katanya.

Lamaran untuk ke tiga tempat usaha tersebut, sebut Muslimin, bisa dimulai sejak Senin (20/10) kemarin. Bagi yang lamarannya melalui kantor dinas, dipersilahkan menyampaikannya di saat jam kerja.

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014