Pontianak (Antara Kalbar) - PT Garuda Indonesia Tbk Pontianak berencana meresmikan rute baru intra Kalimantan, yaitu Putussibau - Pontianak - Palangkaraya - Balikpapan dan Berau mulai 1 November 2014.

General Manager Garuda Pontianak Donald Jerry mengungkapkan persiapannya sudah berjalan sejak lama dan sempat mengalami beberapa kali penundaan. "AKhirnya rute baru ini segera bisa direalisasikan, semoga saja tidak ada halangan lagi sehingga hal tersebut bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah direncanakan" kata Jerry.

Rute baru tersebut rencananya akan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, kata Jerry, yang kemudian dilanjutkan dengan penerbangan perdana. Pada saat yang sama Garuda langsung mengadakan penjualan tiket 'flight' perdana rute dari Putussibau, (Kapuas Hulu). Pontianak, Palangkaraya (Kalimantan tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Berau (Kalimantan Utara).

"Rencananya nanti tanggal 1 November, selain acara peresmian juga langsung dilaksanakan penerbangan pertama dan kami langsung mengadakan penjualan tiketnya untuk rute baru tersebut" jelas jerry.

Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa langsung merasakan manfaat adanya rute baru ini yang diharapkan dapat membuka akses antar daerah di Kalimantan dan mempersingkat rentang jarak yang jauh antar daerah dengan moda transpotasi udara.

"Selain itu, rute intra-Kalimantan ini bertujuan untuk membuka akses konektivitas antardaerah dalam wilayah Kalimantan sendiri sehingga konsumen Garuda yang akan menuju Balikpapan atau Palangkaraya atau pun Berau tidak perlu transit lagi ke Jakarta dan rute ini meski masih merintis tapi tetap menggunakan layanan 'full service' standar Garuda" papar Jerry.

Jerry menambahkan armada yang digunakan untuk melayani rute tersebut menggunakan pesawat ATR 72 buatan perusahaan Italia-Perancis ATR, dengan kapasitas 70 tempat duduk penumpang dan satu penerbangan setiap harinya.
  

Pewarta: Syafarudin Ariansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014