Sekadau (Antara Kalbar) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sekadau mengadakan berbagai kegiatan dalam menyambut tahun baru Hijriah pada Kamis (23/10), rangkaian kegiatan diawali dengan pawai ta’ruf yang diikuti 2.000-an peserta dan dilepas Bupati Sekadau, Simon Petrus.

Rute karnaval yang ditempuh para peserta dimulai dari halaman Masjid Al-Falah mengitari jalan Kapuas menuju jalan Merdeka, bundaran PKK, kemudian menuju jalan Merdeka Timur, jalan Irian, dan kembali ke masjid Al-Falah.

"Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyongsong tahun baru Hijriah 1436 diantaranya pawai ta’ruf serta sejumlah perlombaan keagamaan. Seperti lomba adzan, shalat berjamaah, hafalan ayat Qur’an, lagu religi, festival busana muslim, qasidah dan lomba pidato,” jelas Ketua PHBI, H. Bahtiar.

Dalam momen itu, Bahtiar mengharapkan kedepan persatuan  dan kesatuan antara umat Islam di Sekadau semakin kuat. Sesuai tema, dengan semangat tahun baru hijriah 1436 , mari tingkatkan uhuah Islamiyah dan meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Sekadau Simon Petrus usai melepas rombongan karnaval menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang sudah mengkoordinir kegiatan dan melibatkan seluruh masyarakat dalam kegiatan tersebut.

“Keterlibatan masyarakat mencerminkan kekompakan umat muslim. Ini juga dapat dipandang sebagai miniatur Bhineka Tunggal Ika,” ucap Bupati merujuk pada antusiasme masyarakat dari berbagai agama dan suku dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014