Sungai Raya (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Kubu Raya, Kalbar, Agus Sudarmansyah mengatakan belum majunya sektor pariwisata yang ada di kabupaten itu dikarenakan masih minimnya promosi yang dilakukan pemkab setempat.

"Padahal cukup banyak potensi wisata yang bisa menjual di kabupaten ini. Terlebih akses transportasi di Kubu Raya sangat memadai sehingga jika potensi wisata di daerah kita ini dikembangkan dan dibantu dengan promosi yang baik, saya yakin bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Agus di Sungai Raya, Selasa.

Dia mengatakan hingga sekarang sektor pariwisata belum terlalu berkembang di Kubu Raya, karena minimnya promosi yang dilakukan pemerintah daerah setempat.

"Kubu Raya ini menjadi salah satu pintu depan bagi orang-orang yang akan datang ke Kalimantan Barat, seharusnya pemerintah melalui dinas terkait bisa lebih jeli menangkap peluang tersebut. Jika potensi pariwisata yang ada bisa dikembangkan secara maksimal, maka akan memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat termasuk peningkatan PAD di Kubu Raya," tuturnya.

Agus menilai, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor penunjang dari ekonomi kreatif, makanya dia mengimbau agar dinas terkait seperti Disbudparpora Kubu Raya untuk kian gencar melakukan promosi dan terobosan-terobosan baru dalam mengembangkan semua potensi sumber daya alam termasuk potensi pariwisata di Kubu Raya.

"Saya lihat memang masih sangat banyak potensi pariwisata yang belum maksimal digarap, bisa jadi karena minimnya upaya yang dilakukan dinas terkait atau penganggaran untuk promosi dan peningkatan sektor pariwisata lokal di Kubu Raya yang masih minim," katanya.

Namun lanjutnya, kendati anggaran yang dialokasikan masih minim, seharusnya dinas terkait bisa berupaya mencari terobosan baru untuk mengemas dan mengenalkan potensi yang ada, apalagi Kubu Raya kata dia, berbatasan langsung dengan Kota Pontianak.

"Kalau dinas kebersihan saja bisa melakukan koordinasi dan belajar dengan dinas kebersihan di Kota Pontianak, saya raya untuk sesuatu hal yang positif Dispora Kubu Raya juga bisa belajar sekaligus bertukar informasi soal promosi seni, budaya dan potensi pariwisata lainnya di Kota Pontianak," kata Agus.

Sejumlah potensi pariwisata yang bisa dikembangkan menurutnya seperti potensi Gunung Ambawang di Kubu, sejumlah wisata alam, wisata sejarah yang berkaitan dengan cerita kebesaran raja-raja Kubu, wisata pantai termasuk potensi wisata petualangan.

"Saya rasa banyaknya hutan mangrove di sejumlah daerah dengan segala jenis ekosistem yang ada di dalamnya, jika jeli dan bisa dikemas menjadi potensi pariwisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014