Sanggau (Antara Kalbar) - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kabupaten Sanggau, Juanda S Sos mengungkapkan sebanyak 1.565 peserta mengikuti seleksi CPNS setempat tahun 2014.



"Tes dimulai sejak Kamis dan berakhir Minggu kemarin," kata Juanda.



Secara keseluruhan, tes berjalan dgn lancar. Namun sempat terjadi padam listrik selama beberapa menit.



"Secara umum berjalan lancar dan aman. Hanya sekali saja, listrik tiba-tiba mati. Namun, hanya beberapa menit saja dan kembali dilaksanakan seleksi ini," ujar Juanda.



Dipaparkan, seleksi yang berlangsung empat hari itu diikuti 1.565 peserta dari berbagai formasi.



Untuk komposisi soal terdiri dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes karakteristik psikologi. Sementara waktu pengisian soal-soal dipersiapkan selama 90 menit. "Hasilnya langsung kita umumkan dan sudah bisa diketahui," ujar dia.



Sebelum mengikuti test para peserta juga diberikan simulasi selama beberapa menit mengenai penjelasan tentang tata cara tes. Sebab tes CPNS kali ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).



"CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Melalui sistem tersebut, peserta langsung mengetahui hasil ujian. Tidak hanya itu, soal ujian yang dikerjakan peserta juga berbeda," papar Juanda.



Hingga akhir terakhir ada tiga peserta yang mendapatkan passing grade tertinggi yakni Irine Mandhasari dengan nilai 424, lantas Nobertus Krisandy dengan nilai 409, kemudian Andi Yoga Prasetyo dengan nilai 401.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014