Singkawang (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang menggelar pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang diikuti perwakilan Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu dilaksanakan di ruang Bumi Bertuah Kantor Walikota, Selasa (18/11).
    Kepala Dishubkominfo Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk bertukar wawasan dan pengetahuan terkait dengan penulisan berita sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat.
    "Kita berharap peserta yang merupakan perwakilan dari SKPD, bisa membuat tulisan untuk menyampaikan program atau kegiatan yang dilaksanakan masing-masing melalui Media Center," kata Sumastro, ketika membuka kegiatan.
    Kenapa ini menjadi penting, sebut Sumastro, meski sebenarnya beberapa SKPD sudah melaksanakan. Hal ini sebagai langkah edukasi ke masyarakat juga.
    "Apa yang kita sampaikan, merupakan fakta, tidak sembarangan, ada unsur objektivitas, kejujuran, kita ingin mengenengahkan fakta-fakta. Mengandung nilai-nilai pemberdayaan masyarakat, kita ini di Pemda, tentu melekat fungsi pemberdayaan masyarakat," katanya.
    Kedepannya, tambah Mastro, bagi perwakilan SKPD, menjadi tenaga jurnalis di dinasnya masing-masing. "Kita minta kepada Kepala Dinas untuk mengusulkan, bagi staffnya yang ikut kegiatan. Diusulkan ke Walikota untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK). Dishubkominfo akan mendorong upaya itu," katanya.
    Kepala Bidang Kominfo Dishubkominfo Kota Singkawang, Istri Handayani mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 35 orang dari seluruh SKPD di jajaran Pemkot dengan menghadirkan narasumber, Fahrozi dari Pontianak Post. Kedepannya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin.
    "Ini sebagai langkah awal, agar SKPD paling tidak melaporkan kegiatannya ke Media Center agar selanjutnya diinformasikan ke masyarakat," katanya.‬

Pewarta: Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014