Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Kalbar, Rusman Ali memberikan atensi khusus kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah pada pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS), agar program sesuai dengan visi dan misi pemerintahannya.

"Tahun 2015 merupakan APBD murni pertama dari pemerintahan yang saya pimpin bersama Pak Hermanus (wakil bupati), makanya kami ingin visi dan misi yang telah disampaikan pada saat pencalonan menjadi bupati dan wakil bupati lalu, harus bisa diimplementasikan pada APBD 2015," katanya di Sungai Raya, Jumat.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan visi pembangunan tersebut dirumuskan empat misi yakni mewujudkan sistem dan tata kelola pemerintahan yang bersih, baik dan berwibawa.

Selain itu pihaknya juga berupaya untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, berkualitas dan memiliki kreativitas, membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi sesuai potensi wilayah dan menjamin ketersediaan saran dan prasarana dan layanan dasar masyarakat, kata Rusman Ali.

Maka dari itu, lanjut Rusman, telah dirumuskan beberapa indikator kinerja pembangunan yang menjadi target pembangunan secara terukur dalam RPJMD kedua itu dan sekaligus menjadi acuan bagi seluruh SKPD di Kubu Raya dalam menyusun indikator kinerja utama dan pemenuhan standar pelayanan minimal dalam rencana strategis dan rencana kerja SKPD.

Dia menilai menjadi kabupaten yang baru yang terus berkembang membuat Kubu Raya membutuhkan suatu perencanaan pembangunan daerah termasuk RPJMD.

"Dengan adanya rencana pembangunan jangka menengah diharapkan semua aktivitas pembangunan yang dilakukan bisa lebih terarah, efektif dan efisien dalam mengelola semua sumber daya sesuai dengan potensi daerah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan, hingga sekarang pihaknya terus membenahi penginputan data Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) di Kabupaten Kubu Raya.

Menurutnya penginputan data RKA tersebut merupakan tahapan-tahapan penyusunan APBD yang dilakukan oleh eksekutif. Selain itu, dalam penyusunan KUA PPAS, Bupati dan Wakil Bupati memberikan asistensi khusus terhadap program yang dirancang untuk tahun 2015 mendatang, agar dapat sesuai dengan visi misi Pemkab Kubu Raya.

"Karenanya sejak awal kami optimistis program 2015 mendatang benar-benar sesuai dengan visi misi yang telah dijabarkan untuk kemajuan Kabupaten Kubu Raya," katanya.

Dalam penginputan RKA itu, lanjutnya, pihaknya tetap terus melakukan koordinasi dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintahan Daerah) lainnya yang diketuai oleh Sekda.

RKA tersebut nantinya akan menjadi draf Rancangan APBD yang kemudian nantinya dibahas bersama legislatif untuk disahkan menjadi APBD Tahun 2015 mendatang. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014