Sekadau (Antara Kalbar) - Belum lama saat momen pergantian Kapolres Sekadau, nama mantan Kapolres AKBP Agus Triatmaja dicatut penipu untuk meminta uang kepada calon korbannya. Kali ini, giliran nama Kapolres Sekadau yang baru AKPB Muslikhun yang dijual-jual pelaku.

Modus yang diterapkan pelaku penipuan hampir sama, yakni dengan menyebut Kapolres membutuhkan bantuan dana untuk berbagai kegiatan.

“Ada yang mengaku Kapolres mau berangkat ke Jakarta, butuh uang untuk ongkos jalan, dan sebagainya. Kami tegaskan ini adalah ulah oknum tidak bertanggung jawab yang berupaya melakukan penipuan dengan mencatut nama Kapolres Sekadau,” tegas Kapolsek Sekadau Hilir, Iptu Muhadi kepada para pewarta, Senin (24/11).

Menurut dia, aksi oknum tersebut hampir saja memakan korban. Sejumlah kalangan yang mayoritas pengusaha sempat dihubungi melalui sambungan telepon dan nyaris termakan rayuan oknum tersebut. Entah kenapa, omongan pelaku seolah mampu menghipnotis orang yang dihubunginya. Terbukti dengan cukup banyak pihak yang hampir saja menyetorkan uang. Namun, untung saja beberapa calon korban sempat berkoordinasi dulu dengan pihak kepolisian perihal kebenaran kabar itu.

“Untuk itu kami imbau agar masyarakat yang menerima informasi seperti ini atau dihubungi seseorang yang mengatasnamakan Kapolres agar menghubungi pihak kepolisian terlebih dahulu dan tidak percaya begitu saja. Tolobg dicatat nomor kontak yang digunakan pelaku dalam aksinya adalah 085151471505 yang mengaku sebagai ajudan Kapolres dan 081255513118 yang mengaku sebagai Kapolres Sekadau," paparnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014