Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Kalbar, Rusman Ali meminta para guru di kabupaten itu untuk bisa meningkatkan profesionalisme dalam bekerja dengan memberikan teladan yang baik bagi peserta didik itu sendiri maupun masyarakat luas.

"Sebagai guru tentu harus memberikan teladan yang baik bagi seluruh masyarakat. Karena orangtua sudah memberikan kepercayaan yang besar dengan menyerahkan anaknya ke sekolah untuk dididik," kata Rusman Ali pada peringatan HUT PGRI ke-69 di halaman kantor bupati Kubu Raya, Selasa.

Ia mengatakan adanya dana sertifikasi guru yang diberikan kepada guru diharapkan bisa menjadi dorongan yang kuat agar semua guru dapat bekerja dengan sebaik-baiknya di dalam mencerdaskan anak bangsa.

Rusman Ali menjelaskan, guru merupakan faktor penentu utama proses pendidikan dan pembelajaran. Tidak ada guru tidak ada pendidikan, hanya dengan sentuhan guru yang profesional bermartabat, dan sejahtera, anak-anak bangsa akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan bermutu.

"Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2014 dan HUT PGRI ke 69 tahun ini, pemerintah sedang dan akan terus secara sungguh-sungguh berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guru. Pemerintah juga akan terus memberdayakan guru agar benar-benar berkembang secara profesional dengan meningkatkan, kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, dan perlindungan bagi mereka dengan program pemerataan guru terutama di daerah terpencil," tuturnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, seorang tenaga pengajar, Darsani menilai guru tidak hanya sekadar mengajar, akan tetapi seorang guru akan menjadi contoh bagi murid-muridnya.

Dia menambahkan, dengan momentum HUT PGRI ini, hendaknya guru-guru yang sudah memiliki sertifikasi ini, lebih meningkatkan kualitas kerjanya, sehingga jangan sampai kalah dengan guru-guru yang belum memiliki sertifikasi.

"Meski hanya seorang guru Bimbel, saya mengharapkan Pemerintah jangan hanya memperhatikan guru-guru yang sudah mendapatkan sertifikasi saja, namun Pemerintah juga harus perhatikan terhadap guru-guru yang sudah puluhan tahun mengabdi untuk mencerdaskan negeri ini, meski sejumlah dari guru-guru tersebut statusnya saat ini masih honor. Tentunya kondisi ini perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Sehingga cita-cita bangsa Indonesia ini ke depannya bisa tercapai untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014