Sekadau (Antara Kalbar) - Suasana gedung Kateketik Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau pada Jumat malam (28/11) berbeda dari hari biasanya. Gedung ini tampak sontak ramai dipadati para imam, seperti pastor, frater, bruder suster, kepala SKPD yang beragama Katolik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau, pengurus dan jajaran Dewan Pastoral Paroki (DPP), para Ketua Kring di lingkungan paroki sekadau, tokoh masyarakat serta para tetua.

Di gedung ini terdengar musik yang bernuansa lagu-lagu ulang tahun. Sebuah baliho dengan ukuran besar yang bertuliskan Pemkab Sekadau mengucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Mgr. Agustinus Agus, Pr (Uskup Agung Pontianak) tertampang besar di atas panggung.

Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus yang dilantik pada Agustus 2014 oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, diundang oleh Bupati Sekadau Simon Petrus untuk merayakan hari Ulang Tahun yang Ke-65.

Bupati menyampaikan di hadapan umat yang hadir di gedung Kateketik, alasan merayakan ulang tahun uskup Agung Pontianak di Sekadau ialah, karena perayaan ulang tahun yang dilaksanakan pada 22 November 2014 di pendopo gubernur kalbar, bupati tidak dapat hadir, karena hari yang bersamaan bupati ada kegiatan dinas yang juga tidak bisa ditinggalkan.

“Untuk itu saya mengundang pak monsinyur untuk merayakan ulang tahunnya di Sekadau. Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau, bupati mengucapkan selamat ulang tahun kepada Uskup Agung Pontianak yang ke-65 tahun. Kita berdoa semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan kekuatan oleh tuhan dalam menjalakan tugasnya sebagai penggembala umat. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak monsinyur yang sudah dengan rela memenuhi undangan kami ini. ini bentuk kecintaan umat terhadap pelayanan tuhan. Sebab kehadiran para imam ini sungguh memberikan motivasi bagi umat untuk secara terus menerus meningkatkan imannya kepada tuhan dan meningkatkan bentuk kepedulian bagi sesama,” ujarnya.

Sementara itu Uskup Agung Pontianak Mgr., Agustinus Agus, Pr. Dalam sambutannya mengatakan sungguh ini peristiwa yang luar biasa. “Saya betul-betul mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati dan kepada umat Katolik di Kabupaten Sekadau. saya tidak mengira perayaan ulang tahun saya bisa dirayakan oleh bapak bupati simon petrus bersama umat katolik di kabupaten Sekadau,” ujarnya.

Mantan Uskup Sintang ini menuturkan, bahwa ini merupakan bukti kepedulian yang diberikan bagi sesama. “Ini luar biasa. Dan ini suatu bentuk kepedulian bagi sesama. Untuk itu saya mengcuapkan terima kasih kepada bapak bupati dan umat katolik di kabupaten sekadau atas perayaan ulang tahun yang ke-65 ini. Dan mari kita tingkatkan rasa kepedulian bagi sesama umat yang lain, untuk mewujudkan rasa persaudaran diantara umat.

Acara ulang tahun ini juga dirangkai dengan acara peniupan lilin dan pemotongan kue ulang tahun.

Pada kesempatan itu juga bupati menyerahkan cindera mata kepada Uskup Agung Pontianak.

Pewarta: *Hartono

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014