Pontianak (Antara Kalbar) - PT Pertamina mengajak media ikut mempromosikan tentang keindahan wisata bahari Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

"Kami berharap teman-teman media, baik media cetak dan elektronik se-Kalimantan yang kami ajak pada program `Media Visit Pertamina` tahun ikut mempromosikan keindahan wisata bahari keempat pulau itu, melalui tulisan, pemberitaan dan videonya, sehingga semakin dikenal, baik di tingkat nasional maupun manca negara," kata Senior Supervisor Eksternal Relations Marketing Operation Region VI Kalimantan Andar Titi Lestari saat dihubungi di Balikpapan, Senin.

Ia menjelaskan tujuan dilaksanakannya "Media Visit Pertamina" selain memberikan pemahaman yang utuh kepada awak media terhadap bisnis Pertamina dan wujud kerja sama yang baik antara Pertamina dengan media, baik media cetak maupun elektronik di Pulau Kalimantan, juga ikut mempromosikan keindahan wisata bahari Pulau Berau.

"Kami mengajak teman-teman ke tempat wisata bahari Pulau Berau, Maratua, Kakaban dan Sangalaki untuk melihat secara langsung keindahan dan kekayaan wisata bahari di Kabupaten Berau," ungkapnya.

Andar berharap dengan begitu para awak media setelah mengikuti kegiatan "Media Visit Pertamina" maka ke depannya bisa meningkatkan hubungan silaturahim yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Muslim Minhat wartawan senior Pontianak Post, salah seorang peserta "Media Visit Pertamina" menyatakan siap memberikan informasi apa yang dia alami dan rekannya berkunjung ke tempat wisata bahari Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki.

"Mudah-mudahan dengan pemberitaan kami, ke depannya wisata bahari Pulau Derawan yang saat ini sudah dikenal sebagai surganya wisata bahari di Kalimantan, semakin dikenal hingga ke mancanegara," ungkapnya.

Apalagi, menurut dia banyak pengalaman yang dia dan rekan-rekannya dari media Kalimantan, seperti dari Antara, Tempo, Pontianak Post, Tribun Pontianak, Suara Pemred, Okezone, seperti melihat dan menyentuh secara langsung biota laut di empat pulau tersebut, dan bisa menyentuh langsung ubur-ubur di danau laut Pulau Kakaban.

"Saya berharap, dengan kunjungan kami bisa membuka cakrawala kepariwisataan Pulau Derawan dan wisata bahari lainnya di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Hal senada juga diakui oleh Lukas wartawan Kompas Balikpapan. Dia mengucapkan terima kasihnya kepada Pertamina atas diundangnya menjadi peserta "Media Visit Pertamina".

"Derawan objek wisata paling menarik di Kalimantan Timur. Apalagi di dunia sempat nomor satu tempat tujuan wisata bahari dengan keindahan alamnya," katanya.

Selama ini, mungkin sudah banyak mengenal keindahan Pulau Derawan melalui internet, sehingga dengan keikutsertaan para awak media pada "Media Visit Pertamina" maka bisa menceritakan langsung keindahan pulau Derawan dan lainnya.

Pulau Kakaban adalah sebuah danau purba yang terbentuk dari atol yang terangkat dari lempengan samudera dari kedalaman 200-300 meter, bernama Danau Kakaban.

Menurut penelitian Keunen, pada ekspedisi Snellius I pada tahun 1929-1933, pada awalnya terdapat daratan yang dikelilingi atol, lama kelamaan daratan tenggelam ke laut karena proses. Karang yang membentuk atol ini lama kelamaan semakin tinggi, sementara daratan di tengahnya semakin tenggelam.

Sehingga terciptalah Pulau Kakaban dengan danau di tengahnya. Danau tersebut berada di tengah-tengah pulau, yang bisa ditempuh sekitar dua setengah jam perjalanan dari Kabupaten Berau. Berau sendiri merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Timur, dari Balikpapan, bisa melalui pesawat selama 40 menit, dilanjutkan menuju Pulau Dermawan, selama dua setengah jam dengan speedboat, jika tak ingin repot, bisa menggunakan jasa travel dengan paket yang dilengkapi pemandu yang harganya berkisar Rp2 juta hingga Rp3 jutaan/orang.



(U.A057/B/N005/N005) 08-12-2014 15:49:45

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014