Sekadau (Antara Kalbar) - Kegiatan Festival Natal tahun 2014 yang digagas Paroki St. Petrus dan Paulus Sekadau resmi dibuka Bupati Sekadau, Simon Petrus pada Rabu (10/12). Rangkaian kegiatan yang dipusatkan di di komplek Betang Youth Center akan berlangsung dari tanggal 10 - 16 Desember mendatang.

"Festival Natal tahun 2014 baru pertama kali digelar di Dekanat Sekadau yang terdiri dari tujuh paroki. Kita sepatutnya bersyukur rangkaian kegiatan dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati panitia," ujar Ketua panitia festival Natal Kabupaten Sekadau tahun 2014, Sugianto.

Ikut hadir dalam acara pembukaan, Wakil Bupati Sekadau Rupinus, Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencucini CP, Pastor Paroki St Petrus dan Paulus Sekadau, Pastor Kristianus CP dan pastor, bruder, suster dari berbagai paroki di wilayah Sekadau, panitia, dan ribuan umat Katolik. Antusiasme peserta untuk berpartisipasi dalam event itu terbilang sukses. Peserta terdiri dari perwakilan 7 paroki, sekolah-sekolah, kelompok kategorial seperti kring, OMK, WKRI misdinar dan masih banyak lagi.

“Kegiatan ini baru pertama kali diadakan. Semoga bermanfaat, dan menjadi ajang anak muda anak muda Katolik dan Protestan menunjukkan bakat dan kemampuannya lewat lomba-lomba yang ada. Dan tentu semua ini tidak terlepas dari dukungan Pemda Sekadau, Keuskupan Sanggau, Dekanat Sekadua, panitia, peserta dan masyarakat,” kata Sugianto.

"Festival Natal sendiri akan diisi dengan serangkaian perlombaan seperti lomba mewarnai untuk siswa TK, lomba lagu rohani tingkat remaja, lomba lagu rohani tingkat dewasa, lomba drama, fashion show tingkat anak-anak dan remaja, pembagian doorprize, dan hiburan. Kami tidak menyangka dan sangat berterimakasih sekali atas sambutan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga agenda ini menambah kemeriahan Natal 2014 dan menyemarakkan HUT Pemda Sekadau ke 11,” harapnya.

Sementara itu, Uskup Agung Sanggau-Sekadau, Mrg. Yulius Mencuccini CP mengungkapkan kebahagiannya karena event Festival Natal 2014 dapat digelar di Sekadau. Terhadap rangkaian kegiatan lomba-lomba yang disusun oleh panitia, Uskup menyatakan semua kegiatan cocok untuk pengembangan umat.

“Sehingga dengan demikian para pemuda dan umat katolik semakin dikuatkan iman dan memberikan motivasi kepada umat bagaimana memaknai Natal dengan tulus dengan hati yang bersukacita. Saya sangat yakin kalau kegiatan seperti ini bermanfaat bagi kita semua,” timpal Uskup.

Dalam arahannya, Bupati Sekadau Simon Petrus memberikan apresiasi kepada panitia dan pihak Paroki yang mendukung sepenuhnya kegiatan Festival Natal sehingga dapat berjalan sesuai jadwal.

"Kita berharap kegiatan tersebut semakin menyemarakkan perayaan Natal di Bumi Lawang Kuari yang tak lama lagi digelar. Terima kasih kepada Bapak Uskup, pihak Paroki, panitia, peserta dan umat katolik yang cukup mendukung kegiatan ini sehingg bisa dilaksanakan hari ini. Semoga agenda ini semakin menyemarakan Natal tahun 2014 ditempat kita ini,” kata Bupati.

Sementara itu, pembukaan rangkaian kegiatan Festival Natal 2104 ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak tujuh kali oleh Bupati Sekadau, Simon Petrus. Kemudian setelah itu, peserta karnaval dilepas oleh ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, Ny. Scolastika Simon Petrus ditandai dengan penguntingan pita balon ke udara.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014