Sukadana (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara, melalui Dinas Pekerjaan Umum akan segera menggelontorkan dana senilai Rp8,5 miliar untuk Kecamatan Pulau Maya pada 2015 .
    
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kayong Utara, Brian Sofian, dana itu akan dibagi dalam dua paket pekerjaan perbaikan masing-masing senilai Rp6,5 miliar dan Rp2,04 miliar.
    
"Kita perjuangkan terus, tepatnya ada dua paket pekerjaan jalan di Pulau Maya untuk tahun 2015. Pertama, paket pekerjaan jalan penghubung Kemboja Baru menuju ke Tanjung Satai dialokasikan Rp6,4 miliar (termasuk ruas jalan yang diblokir.red). Kedua, paket pekerjaan peningkatan jalan Dermaga Kemboja Baru menuju ke Kemboja Baru senilai Rp2,04 miliar," ungkap Ir Brian Sofian.
    
Rencana pembangunan jalan Kemboja Baru-Tanjung Satai Rp6,5 miliar target panjang jalan ini mencapai 6,2 kilometer dengan lebar 3 meter.
    
Sedangkan proyek peningkatan jalan Dermaga Kemboja Baru-Kemboja Baru Rp2,04 miliar memiliki target panjang 1,9 kilometer dengan lebar 3 meter. Menggunakan konstruksi CTB (cement treated base).
    
"Dana pembangunannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tambahan Transportasi Pedesaan dari Kementerian PU dan Kementerian Dalam Negeri," papar Brian Sopian.
    
Saat ini pihak juga sedang membahas rencana pembangunan jalan di Pulau Maya ini bersama anggota DPRD KKU umumnya dan legislator dari daerah pemilihan (Dapil) Pulau Maya-Kepulauan Karimata.
    
Ia berharap masyarakat Kemboja Baru-Tanjung Satai bersabar karena sebentar lagi jalannya akan dibangun. "Ini bagian itikad baik dari Pemkab Kayong Utara untuk membangun jalan penghubung antardesa," kata dia.
    
Pemkab Kayong Utara sendiri dalam menggalakkan percepatan pembangunan dilakukan secara bertahap, berdasarkan skala prioritas, kemampuan anggaran, dan berdayaguna bagi khalayak ramai.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014