Ngabang (Antara Kalbar) - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak menggelar pelatihan outbound guna menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas.

"Ini kegiatan akhir tahun 2014,  untuk menjaga kebersamaan sesama anggota BPBD. Meski selama ini sudah kompak tapi lebih meningkatkan kerjasama," kata Kepala BPBD Landak Theresia Limawardani disela membuka acara outbound, Senin (29/12).

Menurutnya, outbound untuk jajaran TRC BPBD digelar selama dua hari pada 29-30 Desember, dan peserta diberikan teori dan praktek dengan menghadirkan instruktur dari Provinsi Kalbar.

"Outbound juga sebagai sarana 'refreshing' (penyegaran) setelah selama ini lelah capek dan latihan ada guling-guling di tanah, jadi kini banyak permaian," ujar Dani.

Ia menjelaskan, pengertian Outbound secara lengkap adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (Outbound Games) baik secara individu maupun perkelompok.

Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif.

"Jadi tujuan utama outbound juga bermanfaat sebagai sarana yang dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan tim (Team Building)," urai Dani.

Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang.

"Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental," ungkap Dani.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014