Mempawah (Antara Kalbar) - Ketua TP PKK kabupaten Mempawah Erlina Ria Norsan mengatakan pembangunan suatu daerah sangat membutuhkan peranan dan keikutsertaan wanita, salah satunya dalam bidang pertanian.

"Karena peran wanita yang dikoordinasi oleh TP PKK tugas pokok dan fungsinya adalah ikut mendukung pembangunan daerah dalam berbagai bidang, salah satunya pertanian," ungkap Erlina, disela penyambutan rombongan Jokowi beserta ibu negara di Denzipur Anjungan, belum lama ini.

Erlina Ria Norsan melanjutkan, kunjungan presiden harus dijadikan motivasi dalam membangun pertanian. Termasuk bagi kaum ibu. "Selama ini kalau dilihat memang banyak ibu-ibu yang bekerja di sawah. Jadi mereka juga turut berperan dalam kemajuan pertanian suatu daerah," ucap dia.

Lebih lanjut ketua TP PKK kabupaten Mempawah, Erlina Ria Norsan menilai perlunya dilakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi perempuan yang bekerja sebagai petani. Sehingga hasil pertanian dapat berjalan secara maksimal.

"Tidak ada salahnya kalau ibu-ibu petani untuk belajar membawa traktor, bahkan bagus sehingga peran mereka tidak hanya pada pekerjaan menanam atau memanen secara manual, tapi juga bisa mengoperasikan peralatan pertanian, apalagi dengan adanya bantuan dari pusat seperti hand traktor, itu bisa juga dipelajari ibu-ibu petani," tuturnya.

Erlina Ria Norsan menegaskan salah satu aspek penting dalam pembangunan pertanian di daerah pedesaan adalah kebutuhan untuk meningkatkan produksi pangan bagi kepentingan penduduk yang jumlahnya senantiasa meningkat. Untuk itu peran perempuan sangat strategis dalam rangka peningkatan kualitas hidup didalam keluarga dan masyarakatnya. Karenanya, wawasan dan aktifitas wanita di bidang pertanian sama pentingnya dengan pria. Vitalnya peran aktif masyarakat tani, baik pria maupun wanita tersebut dapat tercermin dari pentingnya peran mereka dalam pengembangan kelompok-kelompok masyarakat.

"Peranan dan prioritas wanita dan pria tidak dilihat secara terpisah tetapi secara bersama-sama. Hal tersebut berkaitan dengan proses pembangunan itu sendiri yang menginginkan perubahan kehidupan menuju kepada kehidupan yang lebih baik," ucapnya.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015