Sekadau (Antara Kalbar) - Siswa-siswi SMA Karya Sekadau menggelar aksi sosial penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan uang Rp5,7 juta untuk membantu Fauzan Nabil, balita penderita Kista Ginjal yang memerlukan biaya untuk pengobatannya.
    
"Dalam aksi penggalangan dana ini, kami mengerahkan 30 orang siswa-siswi, diantara mereka melakukan penggalangan dana di kompleks perkantoran Pemkab Sekadau di KM 9 jalan Sekadau-Sintang. Dalam hal ini kami sengaja memberikan kelonggaran kepada siswa untuk tidak mengikuti jam belajar, demi misi kemanusiaan," kata kepala Sekolah SMUK Sekadau, Sumardi di Sekadau, Kamis.
    
Dia menjelaskan, aksi penggalangan dana itu dilakukan SMA Karya Sekadau atas inisiatif dari Ikatan Wartawan Kabupaten Sekadau (IWAS) yang bekerjas ama dengan Polsek Sekadau Hilir, PMI cabang Sekadau serta siswa-siswi SMK Amaliyah Sekadau.
    
Siswa-siswi yang punya jiwa sosial tinggi ini rela meninggalkan kegiatan belajar mengajar di sekolah demi membantu sesama yang sedang dalam kesusahan. Penggalangan dana itu dilakukan di kompleks sekretariat daerah, kantor DPRD Sekadau, kantor-kantor dinas dan kantor instansi vertikal.
    
"Mereka rela berpanas-panasan dan tidak ragu menyapa pegawai-pegawai yang ada di tiap-tiap kantor dengan menawarkan sumbangan. Terus terang saja, saya merasa bangga atas kerja sosial mereka," kata Sumardi.
    
di tempat terpisah, anggota DPRD Sekadau, Hermanto mengapresiasi kepedulian dari tim penggalangan dana untuk membantu Nabil dan keluarga.
    
"Saya rasa kegiatan ini sangat positif dan perlu diapresiasi dan saya harapkan masyarakat lainnya bisa ikut membantu meringankan beban keluarga balita itu. Kalau ada rejeki lebih, apa salahnya disisihkan untuk membantu saudara kita yang sedang kesusahan," tuturnya.
    
Penggalangan dana yang berlangsung selama satu jam itu, siswa-siswi SMK Karya Sekadau berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp5,7 juta. Dengan demikian, total dana yang telah dikumpulkan selama dua hari ini berjumlah Rp11,2 juta.
    
"Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu aksi penggalangan dana ini. Kalau tidak ada halangan, kegiatan ini akan terus kita lakukan dan rencananya satu kegiatan lagi dan mudah-mudahan terlaksana," kata ketua IWAS, Bagus Kosminto.

(Gansi/RDO)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015