Pontianak (Antara Kalbar) - Komunitas Suzuki Esteem Family Indonesia (SEFI) menggagas keterlibatan sebuah komunitas untuk ikut andil dalam mengembangkan potensi budaya dan pariwisata di berbagai daerah.
    Menurut Bobby W Nugraha dari SEFI, pada 31 Januari lalu, SEFI telah memprakarsai dan menandatangani nota kesepahaman "Esteem Adventure" sebagai sebuah filosofi spirit, bertempat di objek wisata Situ Gintung, Tangerang Selatan.
    SEFI merupakan komunitas kecil pemilik dan penggemar mobil sedan lawas produksi Suzuki Indomobil yang populer di era sembilan puluhan. Visi SEFI terbilang sederhana, menjadikan Suzuki Esteem sebagai salah satu mobil yang legendaris di Indonesia.
    Ia menambahkan, berbicara mengenai "adventure" tentu yang terlintas ialah mengenai "Tantangan & Petualangan". "Seru, asyiiik dan menegangkan. Bakal terbayang nuansa alam pegunungan, pantai, hutan dan berbagai tempat menarik lainnya," kata dia.
    Ia melanjutkan, sebagai mobil yang konon relatif tua, ternyata mampu dan tetap nyaman untuk melalap perjalanan jauh apalagi ke daerah pegunungan yang mempunyai banyak rute ekstrim baik turunan maupun tanjakan.
    "Di usianya yang saat ini telah mencapai 24 tahun, Suzuki Esteem masih sangat mumpuni," kata dia.
    Beberapa anggota SEFI ada yang sudah menempuh separuh Pulau Sumatera, ada juga yang sudah keluar masuk rimba Kalimantan. Bahkan ada pula yang membawa Suzuki Esteem kesayangannya sampai ke Kota Kuching, Sarawak.
    Dalam rancangan program kerja "Esteem Adventure",akan turut menggali dan mempromosikan potensi budaya serta wisata lokal juga sebagai sumber referensi mengenai fasilitas publik yang berhubungan dengan lalu lintas dan produk turunan wisata.
    "Sesungguhnya, yang kami lakukan hanyalah mengimprovisasi pola pikir tentang kopdar atau kopi darat," kata Bobby. Jadi selain bertemu dengan teman sehobi di objek wisata, juga dapat menggali lebih dalam mengenai objek wisata tersebut.
    Misalnya oleh member SEFI di Surabaya ke desa wisata Batu Malang. Kemudian Member Taciba (Tasikmalaya/Ciamis/Banjar) dengan Jelajah Pangandaran, atau member Madiun dengan Eksotisme Waduk Bening.
    "Esteem Adventure" juga mempunyai website sendiri sebagai media publikasi. Diharapkan, dengan eskplorasi tempat wisata berikut kulinernya, dapat menjadi referensi perjalanan wisata yang hendak menuju lokasi tersebut.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015