Sungai Raya  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalbar menggelar Rapat Gabungan struktur organisasi perangkat daerah untuk mensinkronkan rencana kerja daerah,

"Dalam rapat gabungan ini kami menginginkan agar berbagai program pembangunan yang ada di Kubu Raya pada tahun 2016 bisa sesuai dengan ajuan dari pemerintah desa dan kecamatan ayang ada di seluruh wilayah Kubu Raya," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, usai membuka rapat gabungan SKPD di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, dari rapat gabungan itu Pemkab Kubu Raya akan menyerap hasil dari Musrenbang Desa dan Kecamatan sesuai dengan apa yang diusulkan oleh masyarakat tingkat bawah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan nantinya dimana saat ini masih ada daerah yang tidak tersentuh pembangunan.

"Sampai tahun 2016, kita masih fokus untuk pembangunan jalan poros untuk setiap kecamatan yang ada di Kubu Raya. Seperti pada tahun ini, kita menyiapkan anggaran sebesar Rp166 miliar untuk pembangunan jalan poros di setiap kecamatan," katanya.

Dia menyatakan sesuai dengan visi dan misi Bupati Kubu Raya, mulai tahun 2015, pihaknya mengupayakan secara maksimal pembangunan jalan poros yang ada di Kubu Raya.

"Agar pembangunan ini bisa rampung dengan baik melalui `multiyears`. Dengan meningkatnya kualitas jalan poros, secara tak langsung juga mendukung lancarnya mobilisasi masyarakat setiap daerah di Kubu Raya untuk menjual aneka potensi sumber daya alam yang dimiliki setiap daerah," tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bappeda Kubu Raya Nurmarini mengatakan melalui rapat gabungan itu diharapkan ada kesepahaman antara program yang dibuat dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten termasuk program pembangunan yang dirancang oleh setiap SKPD.

"Makanya dalam rapat gabungan ini kita minta kepada setiap pemerintah desa dan kecamatan untuk mengajukan paling tidak lima program unggulan yang akan dilakukan di tahun 2016 agar bisa lebih terarah dan tepat sasaran. Yang terjadi selama ini, banyak program yang diajukan, namun banyak yang tidak relevan, makanya harus ada yang prioritas agar pembangunan itu bisa terarah," kata Nurmarini.

Anggota Komisi IV DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah mengatakan menyambut baik adanya rapat gabungan SKPD itu. Namun, dirinya tetap berpesan agar berbagai program pembangunan yang akan diajukan pada tahun 2016 bisa benar-benar sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan.

"Terkait program utama Pemkab Kubu Raya tahun 2016 yang masih tetap memfokuskan pembangunan pada jalan poros saya rasa itu wajar saja karena untuk menghubungkan antar wilayah yang ada memang memerlukan sarana infrastruktur yang baik. Namun, tetap harus diperhatikan juga program kemasyarakatan lainnya seperti pendidikan, kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat," tuturnya.*

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015