Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan pada tahun ini mendapatkan bantuan perbaikan 983 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Kementerian Perumahan Rakyat.

"Kita sangat bersyukur sekali, karena pada tahun ini kita kembali mendapatkan bantuan perbaikan 984 rumah tidak layak huni dari Kementerian PDT. Tahun 2014 kita juga mendapatkan bantuan serupa untuk perbaikan 922 rumah," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Selasa.

Dia mengatakan, untuk jumlah bantuan perbaikan rumah tersebut memang sudah diketahui, namun untuk pencairan dananya, Pemkab Kubu Raya masih menunggu informasi lanjutan dari kementerian terkait.

"Jika sudah ada informasinya, maka akan segera kita sosialisasikan kepada masyarakat. Karena nantinya bantuan perbaikan rumah tidak layak huni ini akan langsung disalurkan ke rekening masyarakat, dengan nilai bantuan antara Rp7 juta sampai Rp15 juta untuk setiap rumahnya," tuturnya.

Rusman Ali menjelaskan, agar dana tersebut bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat penerima, Pemkab Kubu Raya akan melibatkan TNI AD untuk membantu masyarakat melakukan perbaikan rumahnya, dimana Pemkab Kubu Raya juga menganggarkan dana sebesar Rp200 ribu untuk setiap rumah yang akan diberikan kepada prajurit TNI AD.

"Anggaran Rp200 ribu untuk setiap rumah itu kita ambil dari dana APBD Kubu Raya tahun 2015, dimana kita ingin agar bantuan yang diberikan oleh kementerian itu bisa benar-benar digunakan oleh masyarakat untuk memperbaiki rumahnya. Ini kita lakukan karena pada saat kampanye dahulu saya melihat ada masyarakat yang mendapatkan bantuan, namun bantuan itu hanya bisa dibelikan bahan bangunan dan tidak dibangun karena mereka mengaku tidak ada anggaran untuk mengupah tukang," katanya.

Dengan adanya bantuan dari TNI AD, dia berharap masyarakat bisa terbantu untuk perbaikan rumahnya dan mereka bisa menghemat anggaran pembayaran tukang.

"Untuk itu kita harapkan bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan ini bisa benar-benar memanfaatkannya untuk memperbaiki rumah mereka menjadi lebih layak. Bagi masyarakat yang belum mendapatkannya kita harap untuk bisa bersabar karena kita akan mengusahakan agar tahun depan Kubu Raya bisa kembali mendapatkan bantuan ini," kata Rusman Ali. 

(KR-RDO/R010)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015