Mempawah ( Antara Kalbar) - Bupati Mempawah Ria Norsan menuturkan penghargaan Adi Tanggap dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana menjadi indikasi bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam hal penanggulangan bencana telah sesuai dengan kebijakan BNPB.

Menurut dia, dengan begitu, pemerintah daerah tinggal menjaga dan meningkatkan kualitas dari upaya-upaya penanggulangan bencana di daerah.

"Yang terpenting dari penghargaan ini adalah bahwa apa yang telah kita lakukan dalam hal penanggulangan bencana ternyata sudah tepat. Maka tinggal menjaga dan berusaha meningkatkan kualitas pelaksanaannya ke depan. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi kita semua untuk terus meningkatkan diri dan bekerja demi masyarakat," kata Ria Norsan.

Bupati Ria Norsan meraih penghargaan Adi Tanggap dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Selasa (10/3). Penghargaan diserahkan langsung Kepala BNPB Syamsul Ma’arif di malam apresiasi yang berlangsung di sela Rapat Koordinasi BNPB dan BPBD se-Indonesia Tahun 2015, 9–11 Maret, Hotel Bidakara, Jakarta.

BHanya sepuluh kepala daerah se-Indonesia yang menerima Adi Tanggap, dan Ria Norsan menjadi satu-satunya kepala daerah dari Kalimantan Barat.

"Penghargaan Adi Tanggap diberikan kepada kepala daerah atas dedikasi dan pengabdiannya dalam penanggulangan bencana," jelas Syamsul Maarif usai acara penyerahan penghargaan.

Syamsul menjelaskan, pihaknya telah melakukan pengamatan terhadap kiprah individu dan tokoh, termasuk kepala daerah, yang dianggap punya dedikasi dalam upaya penanggulangan bencana. Dan Bupati Ria Norsan, ujarnya, masuk dalam kriteria tersebut.

"Beliau kita nilai sangat serius dalam penanggulangan bencana, mulai penanganan, rehabilitasi, hingga rekonstruksi. Karena itu pantas bagi beliau untuk mendapatkan penghargaan ini," tutur Syamsul menjelaskan.

Tahun 2014 lalu, Badan Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mempawah juga meraih prestasi nasional. Yakni peringkat kedua se-Indonesia dalam hal akuntabilitas penanganan, rehabilitasi, dan rekonstruksi. Saat itu peringkat Kabupaten Mempawah berada di bawah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selain Adi Tanggap, BNPB memberikan tiga kategori penghargaan lainnya kepada individu yang dinilai punya kontribusi dalam upaya penanggulangan bencana.

Penghargaan Adi Tangguh diberikan kepada perorangan atas jasa-jasa penyelenggaraan penanggulangan bencana; penghargaan Wira Tanggap, diberikan kepada ilmuwan dan tokoh yang berperan dalam penanggulangan bencana; dan penghargaan Wira Trengginas, diberikan kepada perorangan atas dedikasi dan pengabdian dalam penanggulangan bencana.

Kegiatan Rakornas BPBD sendiri dibuka secra resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. 

Pewarta: Aries Zaldy

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015