Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Rupinus SH MSi meresmikan penggunaan kantor Desa Maboh Permai, Kecamatan Belitang, yang dirangkai dengan perayaan ulang tahun desa yang kedua serta lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau tahun 2015.
   
"Dengan adanya kantor desa baru ini akan menambah semangat kami untuk meningkatkan kinerja dari apa yang telah dikerjakan selama ini. Tentu dalam membangun kami membutuhkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Desa Sungai Maboh. Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih setulus-tulusnya kepada pemerintah kabupaten yang telah memberikan perhatian kepada desa kami ini," ujar Kades Maboh Permai Sebastian saat peresmian kantor desa, Senin.
   
Desa Sungai Maboh dimekarkan pada tahun 2012 dari desa induk yaitu Desa Padak. Secara administratif desa tersebut memiliki dua, Dusun Sungai MMaboh dan Dusun Mengeris. Luas desa 39,6 km2 atau 39,56 hektare dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 518 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.827 jiwa.
   
Sementara itu Camat Belitang Miki Hermanto S Sos dalam sambutannya mengatakan meski usia Desa Maboh Permai masih seumur jagung, perangkat desanya bisa mengerti tentang pemerintah desa.
  
Ia berharap pelayanan ke masyarakat menjadi lebih baik. "Atas nama pemerintah Kecamatan Belitang kami menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Sekadau yang sudah membangun fasilitas kantor bagi Desa Maboh Permai. Ini berarti pelayanan yang menyangkut administrasi yang sebelumnya dilayani di rumah kepada  desa sekarang masyarakat semakin lebih mudah dengan adanya kantor yang baru ini," paparnya.
   
Wabup Sekadau Rupinus dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada masyarakat Desa Maboh Permai atas dilaksanakannya tiga agenda besar bersamaan yakni peresmian kantor desa, syukuran atas ulang tahun desa dan lomba desa tingkat Kabupaten Sekadau yang pelaksanannya di Desa Maboh Permai.
   
"Untuk itu kita patut bersyukur, kalau dulu belum meiliki kantor desa, sekarang kita sudah punya kantor desa yang representatif bahkan terpilih dalam penilaian lomba desa mewakili desa-desa yang lain di Kecamatan Belitang, meski usia desa maboh masih seumur jagung," paparnya.
   
Ia mengingatkan kepada seluruh perangkat desa yang diberi amanah oleh masyarakat agar menjadi pelayan masyarakat yang sejati. "Kita ini adalah aparatur pemerintah yang ditugaskan untuk melayani masyarakat, untuk itu kita harus sungguh-sungguh bekerja dengan tulus, jujur disiplin. Kita dituntut untuk menjadi pelayanan masyarakat," ujarnya.
   
Ia juga meminta kepada perangkat desa dan kepada seluruh masyarakat desa agar memelihara kantor desa yang sudah dibangun dengan baik. ""Membangunnya mudah, tetapi merawatnya yang sulit. Untuk itu saya minta semangat kekompakan dan gotong royong dalam menjaga kantor desa ini terus digalakan. Jaga kebersihannya, tanami dengan tumbuh-tumbuhan sehingga nampak indah," kata Rupinus yang siap maju sebagai calon bupati Sekadau periode 2015-2020 itu.
   
Ia menambahkan, tujuan pemekaran desa adalah untuk memperpendek rentang pelayanan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat. "Impian masyarakat untuk menjadi desa sendiri sudah terwujud, setelah itu masyarakat menghendaki adanya kantor dan itu sudah terwujud, tugas berikutnya adalah kepala desa bersama perangkat desa agar pelayanan kepada masyarakat menjadi hal penting dan harus dikedepankan," pintanya. Peresmian kantor desa ditandai dengan pembukaan plang desa dan penandatangan prasasti oleh Rupinus.

Pewarta: Hartono/Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015