Singkawang (Antara Kalbar) - Kapolres Singkawang AKBP Agus Triatmaja meminta kepada segenap jajarannya untuk mendeteksi kemungkinan pergerakan ISIS di kota itu.
   
"Baik dari tingkat Babinkamtibmas, intelijen, sabhara, dan lain-lain untuk selalu mendeteksi pergerakan ISIS, agar tidak merambah di Kota Singkawang," pintanya usai menggelar anev kinerja fungsi Binmas dan arahan tentang Polmas dan BKPM (Badan Kemitraan Perpolisian Masyarakat), di Aula Polres setempat, Kamis.
   
Menurutnya, Babinkamtibmas merupakan ujung tombak keberhasilan kepolisian dalam rangka membina kamtibmas di lingkungan masyarakat.
   
Terlebih, mereka-mereka ini langsung bersentuhan dengan masyarakat. "Untuk itulah saya kumpulkan mereka pada hari ini, untuk diberikan arahan bagaimana mereka mengedepankan langkah-langkah preventif sehingga bisa menekan gangguan kamtibmas di lingkungan masyarakat," katanya.
   
Semakin banyak anggota yang terlibat, menurutnya, maka semakin banyak pula informasi yang bisa diterima pihak kepolisian dari masyarakat. "Saat inikan rumah-rumah kost sudah semakin menjamur di Kota Singkawang. Kita minta dari tingkat RW, RT, maupun Lurah bisa melakukan pendataan siapa-siapa saja orang yang menginap di wilayahnya. Jika ditemukan orang asing, hal itu patut dicurigai, dan segera laporkan ke pihak kepolisian," pintanya.
   
Sementara dari pihak kepolisian sendiri, lanjutnya, bakal selalu melakukan razia di rumah-rumah kost, tempat penginapan, dan sebagainya guna mengantisipasi keberadaan aliran ISIS.   
   
Dia menegaskan, dengan ditunjuknya Polres Singkawang sebagai "Pilot Project Polmas" khususnya di wilayah Kalbar, diharapkan keberadaan Polri bisa semakin dirasakan oleh masyarakat.

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015