Sukadana (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara akan menggelar Festival Karimata pada Mei mendatang.
    
Festival ini merupakan salah satu uji coba sebelum penyelanggaraan ajang yang lebih besar lagi, Sail Karimata, yang rencananya digelar pada tahun depan.
    
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kayong Utara, Drs Mas Yuliandi, pelaksanaan festival di Kecamatan Karimata, dimana kecamatan ini yang memiliki wilayah dimana Pulau Karimata itu berada.
    
"Antara Desa Betok atau Padang lokasinya," kata Mas Yuliandi.
    
Bupati Kayong Utara Hildi Hamid yang dijadwalkan akan membuka festival tersebut. Ada berbagai macam perlombaan yang akan digelar, mulai dari lomba fotografi pesona alam, foto bawah air, lomba pancing dan sederet perlombaan lainnya, termasuk selam.
    
Dalam setiap lomba inipun akan disediakan hadiah yang cukup besar dari Pemkab Kayong Utara bagi peserta yang menjuarai lomba.
    
Hasil lomba ini terutama hasil foto, nantinya akan kembali dipamerkan untuk umum di luar Kayong Utara, sehingga dapat menjadi salah satu cara mempromosikan Kayong Utara.
    
"Kita sudah coba menyampaikan informasi ini ke semua pihak, baik melalui jaringan agen perjalanan, komunitas-komunitas pecinta alam, media sosial bahkan dari Brunai Darussalam sudah ada memberi respon tentang Festival dan Sail itu sendiri," kata Mas Yuliandi.
    
Dijelaskannya, dengan digelarnya festival ini, diharapkan kekayaan pesona dan keindahan alam Kayong Utara baik dari daratan, pantai hingga bawah air akan terjual ke masyarakat umum.
    
Sementara itu, pelaksanaan Sail Selat Karimata yang dilaksanakan tahun 2016 mendatang, lanjut Mas Yuliandi saat ini hanya tinggal menunggu keputusan presiden (Kepres) sebagai payung hukum.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015