Sintang (Antara Kalbar) - Seluruh umat beragama yang ada di Kabupaten Sintang hendaknya berusaha membangun rumah ibadah yang besar seiring dengan pertumbuhan jemaat dan perkembangan pesat di Kota Sintang, kata Bupati Milton Crosby.

"Penuhi gereja ini setiap hari Minggu. Jangan seperti gereja-gereja di eropa yang mana gerejanya megah tetapi umatnya sepi karena di zaman modern ini gereja yang megah di eropa hanya sekadar simbol masa lalu," kata Milton saat peresmian dan pentahbisan gereja yang merupakan bagian organisasi Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Imanuel Sintang, Senin.
 
Sementara itu, Sekretaris Umum GKII Pusat Pdt Sebinus Luther, M.CL, M.Th menyampaikan, tempat ibadah memiliki fungsi spiritual yakni tempat untuk berdoa kepada Allah dan memuliakan nama Allah, tempat untuk mencari Allah dalam kehidupan, tempat untuk menemukan pengampunan dari Allah, sebagai tempat untuk memahsyurkan dan meninggikan nama Allah.

"Fungsi spiritual Rumah Tuhan menurut pengajaran Yesus adalah sebagai tempat untuk mengajarkan firman Allah, sebagai tempat untuk memberitakan injil," tambah Sebinus Luther.
 
Sementara itu, Ketua panitia pembangunan gereja  M. Pasaribu menyampaikan, peresmian ini menjadi peristiwa bersejarah karena peresmian bersamaan dengan waktu umat Kristiani memperingati wafatnya Yesus Kristus.

"Pembangunan gedung gereja ini sudah melalui tiga kali renovasi. Awal renovasi dimulai pada 18 Oktober 2011 pada saat Rakernas GKII di Sintang," kata Pasaribu.
 
Ditambahkannya, pada tahun 2012 pihaknya sudah melakukan bongkar gedung, bangun pondasi, tiang, rangka atap dan atap. Pembangunannya dilanjutkan tahun 2014, dimana pihaknya memasang porselen dan cat.

"Tahun 2015 kami 'finishing' bagian depan dan luar. Total dana yang digunakan sebanyak Rp2,5 miliar," ungkap Pasaribu.
 
Gedung gereja GKII Imanuel yang  diresmikan oleh Bupati Sintang dan ditahbiskan oleh Sekretaris Umum GKII Pusat Pdt. Sebinus Luther, M.CL, M.Th disaksikan oleh ratusan jemaat.
 
Turut hadir di kesempatan itu, Ketua DPRD Sintang Jefrai Edward, Wakil Ketua DPRD Sintang Teri Ibrahim, Dandim 1205 Sintang Anggit Exton Yustiawan, dan Bimas Kristen Kementerian Agama Sintang Edy Pranoto.

Gereja yang beralamat di Jalan KS Tubun tersebut merupakan pembangunan ulang bangunan  gereja lama yang sudah tidak representatif.
 
Dalam acara peresmian dan pentahbisan tersebut, tampak Bupati Sintang Milton Crosby dan Ny Katty Evelina menjadi anggota Paduan Suara Imanuel yang membawakan lagu persaudaraan yang rukun. (Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015