Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Singkawang, Drs. Libertus, M.Si, menyampaikan tim dari Pemerintah Kota Singkawang yang terdiri dari  SKPD terkait akan melakukan pemantauan ke lokasi titik pantauan Adipura guna menindaklanjuti hasil rapat koordinasi persiapan penilaian Adipura 2014 - 2015.

Menurut Liber, Jumat, penilaian Adipura tahap pertama (P1) Kota Singkawang mendapat penilaian 70,34 untuk mendapatkan penghargaan Adipura perlu penambahan 0,64.

"Pada P1 Kota Singkawang ranking l (satu) se-Kalbar. Untuk meningkatkan penilaian, diusahakan pada pemantauan P2 yakni minggu ke-3 April, harus dilakukan secara serius sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Singkawang dalam meraih Adipura," katanya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kota Singkawang akan menurunkan tiga tim yang akan melakukan pemantauan langsung ke titik pantau yang akan dilaksanakan pada Jumat ini.

Tim tersebut akan melihat langsung sekaligus melakukan persiapan guna menyambut tim penilai tahap kedua. Nilai yang diraih rata-rata 70,34, pemerintah berupaya melakukan pembenahan titik pantau yang nilainya masih kurang.

Tiga Tim Adipura akan melakukan pemantauan dengan rute yang berbeda, tim 1 yang terdiri dari Dishubkominfo, lurah Pasiran, Diskebrum, RS. Abdul Azis, Dinas Kesehatan, BLH, SDN 7, SMPN 5, dengan empat lokasi yang dituju, Taman Gayung Bersambut, RSUD Abdul Azis, Jl. Gunung Kerinci, Jl. Gunung Poteng, Terminal Pasiran dan SDN 7 Singkawang Barat.

Untuk tim 2 terdiri dari Lurah Melayu, Tengah, Condong, Sekip Lama dan Camat Singkawang Tengah akan melakukan pemantauan pada 6 titik yang dikunjungi. Di antaranya, pertokoan Diponegoro, Sejahtera dan  Budi Utomo, Jl. Kampung Tengah, Jl. Pembangunan dan Jl. Hansip.

Sedangkan tim 3 yang terdiri dari Disperindagkop & UKM, UPT. Pasar, BLH, Diskebrum, Dinas Pendidikan, SMAN 1 , UPT. Kebersihan dan Puskesmas Pasar  melakukan pemantauan di 7 titik meliputi Taman Burung, Jl. Pemuda. Jl. Hansip, Jl. Condong, Puskesmas Pasar, Pasar Beringin dan SMAN 3 Singkawang.

Dia mengatakan, Pemkot ingin membenahi kekurangan dalam penilaian tahap 1 (P1). Sekaligus memantau persiapan P2 Adipura yang diperkirakan menuju Kota Singkawang minggu ke-3 April 2015.

Harapannya masyarakat juga mendukung pelaksanaan penilaian tersebut, khususnya camat dan lurah agar ditingkatkan dalam mengkoordinasikan warganya untuk mempersiapkan kegiatan pengelolaan kebersihan di lingkungan warga, seperti penyediaan tong sampah pemilah, memasang plang larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

(rilis/N005)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015